Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pembentukan Karakter (Studi Situs Di Smp Negeri 1 Jepon Kabupaten Blora)

SUPARMI, SUPARMI (2012) Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pembentukan Karakter (Studi Situs Di Smp Negeri 1 Jepon Kabupaten Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1.COVER.pdf

Download (369kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
2._BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (bab 2)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (bab 3)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (bab 4)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (bab 5)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN_I_FOTO_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11.artikel_publikasi.pdf

Download (78kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan ciriciri materi pelajaran, aktivitas pembelajaran dan hasil belajar Bahasa Inggris berbasis pembentukan karakter di SMP Negeri 1 Jepon, Kabupaten Blora. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Desain penelitian ini adalah etnografi pendidikan Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Jepon Kabupaten Blora. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 1) wawancara mendalam, 2) observasi, 3) dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yang merupakan kesatuan proses, yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah: 1) Ada delapan tujuan pembelajaran Bahasa Inggris berbasis karakter di SMP Negeri 1 Jepon, Kabupaten Blora: a) menghasilkan prestasi siswa yang religius, b) mampu membentuk siswa mempunyai karakter jujur dan disiplin, c) mampu menciptakan siswa yang mandiri, d) mampu membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri, e) memiliki nilai akademik di atas KKM, f) siswa dapat berbicara sederhana dengan Bahasa Inggris, g) siswa dapat membaca Bahasa Inggris secara benar, h) menambah jumlah kosakata Bahasa Inggris yang terekam di memori otak siswa. 2) Ada enam ciri materi pelajaran Bahasa Inggris berbasis karakter di SMP Negeri 1 Jepon Kabupaten Blora: a) terdapat kebiasaan berdoa, baik mengawali maupun mengakhiri pembelajara, b) memasukkan budaya lokal yang berkaitan dengan tujuan pendidikan, c) mengandung semangat kebangsaan, d) memasukkan unsur kepedulian lingkungan, e) mengungkapkan fakta dengan benar, f) belajar dari kesalahan demi perbaikan. 3) Ada enam karakteristik aktivitas pembelajaran Bahasa Inggris berbasis karakter di SMP Negeri 1 Jepon, Kabupaten Blora: a) bersahabat dan komunikatif dalam Bahasa Inggris, b) memberikan kebebasan siswa untuk bersikap demokratis dalam pembelajaran Bahasa Inggris, c) melatih siswa untuk gemar membaca tulisan Bahasa Inggris, d) mendorong siswa untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, e) memacu siswa untuk kreatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris, f) menciptakan kompetisi agar melatih untuk kerja keras dan tidak mudah putus asa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa Inggris, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 24 Oct 2012 11:04
Last Modified: 24 Oct 2012 12:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20850

Actions (login required)

View Item View Item