Rofiq, ,Ainur (2012) Pengelolaan Rekrutmen guru Di Sekolah Dasar Islam Baitunnur Blora. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03_COVER_Ainur_rifiq.pdf Download (278kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (145kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
PDF (Bab VI)
09_BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (227kB) |
|
PDF (Lampiran)
11_LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Fokus dalam penelitian ini adalah pengelolaan rekrutmen guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan rekrutmen guru, pelaksanaan seleksi guru dan kompetensi dalam rekrutmen guru dan pemberdayaan pascaseleksi guru di SD Islam Baitunnur Blora. Penelitian ini menggunakan desain etnografi pendidikan. Lokasi penelitian ini adalah SD Islam Baitunnur Blora. Waktu penelitian ini adalah Semeser Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan guru pengampu mata pelajaran. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Wawancara mendalam, Observasi dan Dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi, yaitu Trianggulasi Sumber dan Trianggulasi Metode. Hasil penelitian adalah 1) Sekolah mengevaluasi kebutuhan guru baru, baik sebagai guru pengampu mata pelajaran, asisten guru maupun guru kelas. Selanjutnya, sekolah mengusulkan rekrutmen guru baru kepada pihak yayasan dan persetujuan tersebut dilanjutkan dengan pembentukan panitia rekrutmen. Panitia rekrutmen guru baru akan mempersiapkan kebutuhan rekrutmen dan membuka lowongan kerja kepada masyarakat. 2) Sekolah melaksanakan rekrutmen guru baru secara bertahap dan berkelanjutan, yaitu 1) penilaian administrative, 2) tes tertulis, 3) wawancara dan micro teaching, dan 4) magang selama tiga bulan. 3) Guru baru yang telah direkrut diberikan tugas akademik sesuai dengan kebutuhan sekolah dengan status sebagai guru tidak tetap yang menerima kompensasi. Guru baru dilibatkan dalam kegiatan‐kegiatan nonakademik di sekolah maupun pengambilan keputusan. Guru baru juga mendapat pengarahan dari kepala sekolah dan mendapat bimbingan dari guru senior.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, perencanaan, rekrutmen, pemberdayaan, guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 23 Oct 2012 12:28 |
Last Modified: | 23 Oct 2012 12:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20838 |
Actions (login required)
View Item |