Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru SMP Negeri Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali Tahun 2011

Marwito, Marwito (2012) Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru SMP Negeri Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali Tahun 2011. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (542kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI.pdf

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang terdapat di SMP Negeri Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali yaitu kurang maksimalnya kinerja guru, hal ini dapat dilihat dari masih adanya guru yang menunda-nunda pekerjaan, terlambat masuk kerja dari jam kerja yang telah ditentukan ataupun meninggalkan tempat kerja sebelum jam kerja berakhir. Oleh karena itu, diperlukannya motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah untuk dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMPN se Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. 2) Kontribusi motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMPN se Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. 3) Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMPN se Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru di dua SMP Negeri Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, yaitu semua responden penelitian dijadikan sampel semuanya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kinerja guru, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alasan bahwa teknik analisis data tersebut mampu menjawab perumusan hipotesis yang diajukan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa : 1) Ada hubungan yang positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru. 2) Ada hubungan yang positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, yang berarti hipotesis yang diajukan diterima, yaitu ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru. 3) Ada hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru, yang berarti hipotesis yang diajukan diterima, yaitu ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru. 4) Besarnya sumbangan relatif (SR) untuk variabel kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru yaitu sebesar 48,525%, sedangkan sumbangan relatif (SR) untuk variabel motivasi kerja dengan kinerja guru yaitu sebesar 51,475%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kinerja guru
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Oct 2012 10:17
Last Modified: 23 Oct 2012 10:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20827

Actions (login required)

View Item View Item