Peningkatan Kemampuan Pembelajaran Mendengarkan Cerita Anak Melalui Metode Stad Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Bener Wonosari Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011

Gendrowati, Herning (2012) Peningkatan Kemampuan Pembelajaran Mendengarkan Cerita Anak Melalui Metode Stad Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Bener Wonosari Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (859kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan penerapan metode STAD dalam pembelajaran cerita anak di kelas V SD Negeri 1 Bener, Wonosari, Klaten, (2) menjelaskan peningkatan motivasi dalam pembelajaran cerita anak melalui penerapan metode STAD pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Bener, Wonosari, Klaten, dan (3)menjelaskan peningkatan kemampuan pembelajaran cerita anak melalui penerapan metode STAD pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Bener, Wonosari, Klaten. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik. Data penelitian yang dikumpulkan berupa informasi tentang kemampuan pembelajaran cerita anak peserta didik kelas V SD Negeri 1 Bener, Wonosari, Klaten. Data lain yang dikumpulkan adalah kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran cerita anak menggunakan metode STAD. Data didapat dari sumber informasi, lokasi dan peristiwa pembelajaran, aktivitas relevan, serta dokumen pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, kajian dokumen, dan pengerjaan soal-soal kuis. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan review informan kunci. Analisis dengan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Prosedur penelitian tindakan memodifikasi model penelitian tindakan kelas (PTK) menurut John Elliott. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pembelajaran cerita anak peserta didik kelas V SD Negeri 1 Bener, Wonosari, Klaten maupun kinerja guru. Peningkatan aktivitas ditunjukkan oleh makin baiknya kinerja peserta didik dalam aspek kesiapan mengikuti pelajaran, menyimak penjelasan guru, perhatian terhadap pelajaran, respon terhadap pertanyaan, keaktifan mengerjakan tugas, dan pertisipasi dalam diskusi tim. Peningkatan kemampuan ditunjukkan oleh semakin tingginya nilai pembelajaran cerita anak peserta didik. Nilai terendah peserta didik dalam pembelajaran cerita anak di Pratindakan 60, di Siklus I 61, dan di Siklus II juga 61. Nilai tertinggi peserta didik dalam pembelajaran cerita anak di pratindakan 78, di Siklus I 82, dan di Siklus II 85. Nilai rata-rata peserta didik dalam pembelajaran cerita anak di Pratindakan 65,95; di Siklus I 67,71; dan di Siklus II 68,43.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: STAD, PTK, kemampuan pembelajaran cerita anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Oct 2012 10:07
Last Modified: 23 Oct 2012 10:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20826

Actions (login required)

View Item View Item