Pengelolaan Pembelajaran Ekstrakurikuler Berbasis Komite Sekolah (Studi Situs SD Negeri Sidomulyo 04 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang

Suwarti, Suwarti (2012) Pengelolaan Pembelajaran Ekstrakurikuler Berbasis Komite Sekolah (Studi Situs SD Negeri Sidomulyo 04 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik perencanaan penyusunan program pembelajaran ekstrakurikuler berbasis komite sekolah di SD Negeri Sidomulyo 04; (2) karakteristik pelaksanaan materi pembelajaran ekstrakurikuler berbasis komite sekolah di SD Negeri Sidomulyo 04; (3) karakteristik peran serta komite sekolah dalam pengelolaan pembelajaran ekstrakurikuler berbasis komite sekolah di SD Negeri Sidomulyo 04. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnogarfi. Nara sumber dalam penelitian adalah kepala sekolah, komite sekolah, guru dan pengajar ekstrakurikuler. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik perencanaan penyusunan program pembelajaran ekstrakurikuler antara lain (a) melibatkan komite sekolah dalam menentukan jenis kegiatan dan penyusunan anggaran kegiatan; (b) penentuan kegiatan ekstrakurikuler memperhatikan kemampuan siswa, ketersediaan dana, dan ketersediaan SDM serta sarana prasarana yang ada; (c) adanya penyusunan anggaran dengan menggunakan skala prioritas; (d) melaksanakan rekruitmen tenaga pengajar ekstrakurikuler; (2) Karakteristik pelaksanaan materi pembelajaran diantaranya (a) materi disusun oleh tenaga pengajar yang berkompeten yaitu dengan latar belakang pendidikan minimal S1; (b) materi disusun sesuai dengan tujuan kegiatan dan tingkatan kelasnya; (c) materi diorganisasikan sesuai dengan jadwal pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler; (d) materi dikembangkan dalam bentuk materi berbasis prestasi; (e) guru mengintegrasikan materi tentang nilai-nilai budi pekerti kepada siswa; (3) Karakteristik peran serta komite sekolah dalam pembelajaran ekstrakurikuler diantaranya (a) adanya seksi khusus yang menangani masalah yang berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler yaitu seksi edukatif; (b) seksi edukatif berperan aktif dalam program rekruitmen tenaga pengajar ekstrakurikuler; (c) berperanserta dalam pengambilan kebijakan dan pelaksanaan rekruitmen tenaga pengajar ekstrakurikuler untuk menghasilkan tenaga pengajar yang berkompeten; (d) melaksanakan fungsi budgetting, penyusunan program, pengawasan, dan mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran ekstrakurikuler, penyusunan program, materi, komite sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 23 Oct 2012 06:58
Last Modified: 23 Oct 2012 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20821

Actions (login required)

View Item View Item