Analisis Pengaruh Ukuran Akuntansi Tradisional, Economic Value Added Dan Market Value Added Terhadap Return Saham (Studi pada perusahaan yang tercatat aktif di Jakarta Islamic Indeks Bursa Efek Indonesia periode 2006 – 2010)

Widodo, Widodo (2012) Analisis Pengaruh Ukuran Akuntansi Tradisional, Economic Value Added Dan Market Value Added Terhadap Return Saham (Studi pada perusahaan yang tercatat aktif di Jakarta Islamic Indeks Bursa Efek Indonesia periode 2006 – 2010). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk menguji pengaruh kinerja keuangan tradisional seperti Return on Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), dan kinerja keuangan modern seperti Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA). Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan hipotesis yang terdiri dari: (1) ROA mempunyai korelasi signifikan terhadap return saham, (2) ROE mempunyai korelasi signifikan terhadap return saham, (3) EPS mempunyai korelasi signifikan terhadap return saham, (4) EVA mempunyai korelasi signifikan terhadap return saham, (5) MVA mempunyai korelasi signifikan terhadap return saham. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria: (1) Saham perusahaan tercatat di JII Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun berturut-turut yaitu dari tahun 2006 sampai 2010, (2) Perusahaan menerbitkan laporan keuangan tahunan dari periode 31 Desember 2006 sampai 31 Desember 2010, (3) Perusahaan yang membagikan dividen selama 5 tahun berturut-turut yaitu dari tahun 2006 sampai 2010. Data diperoleh berdasarkan publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan jumlah sampel sebanyak 9 perusahaan dari 30 perusahaan yang terdaftar di JII Bursa Efek Indonesia. Analisis data menggunakan model pooled time series dan uji hipostesis menggunakan uji t dan uji f dengan tingkat signifikansi 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Berdasarkan hasil penelitian tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Hal ini dibuktikan dengan besarnya signifikansi 0,489 yang lebih besar dari 0,05. ROE tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Hal ini dibuktikan dengan besarnya signifikansi 0,840 yang lebih besar dari 0,05. EPS mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Hal ini dibuktikan dengan besarnya signifikansi 0,005 yang lebih kecil dari 0,05. EVA tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Hal ini dibuktikan dengan besarnya signifikansi 0,422 yang lebih besar dari 0,05. MVA mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Hal ini dibuktikan dengan besarnya signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ukuran kinerja berdasarkan nilai (EVA, MVA) mempunyai pengaruh yang lebih besar daripada ukuran akuntansi tradisional (ROA, ROE, EPS) terhadap return saham dan yang paling berpengaruh adalah MVA.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: ROA, ROE, EPS, EVA, MVA, Return Saham
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Oct 2012 07:29
Last Modified: 22 Oct 2012 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20783

Actions (login required)

View Item View Item