Kontribusi Kompetensi Profesional Guru, Iklim Organisasi dan Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru dan Kinerja Sekolah (Studi Kasus SMA Se-Kabupaten Blora)

Sriyatim, Sriyatim (2012) Kontribusi Kompetensi Profesional Guru, Iklim Organisasi dan Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru dan Kinerja Sekolah (Studi Kasus SMA Se-Kabupaten Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01._Halaman_Depan_-_Sriyatim.pdf

Download (656kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I_-_Sriyatim.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II_-_Sriyatim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III_-_Sriyatim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV_-_Sriyatim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V_-_Sriyatim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._Daftar_Pustaka_-_Sriyatim.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
08._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (207kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kontribusi kompetensi profesional terhadap motivasi kerja guru SMA Se-Kabupaten Blora; 2) Kontribusi iklim organisasi terhadap motivasi kerja guru SMA Se-Kabupaten Blora; 3) Kontribusi persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru SMA Se-Kabupaten Blora; 4) Kontribusi motivasi kerja guru terhadap kinerja SMA Se-Kabupaten Blora; dan 5) Kontribusi kompetensi profesional, iklim organisasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja dan kinerja SMA Se-Kabupaten Blora bersifat langsung atau tidak langsung.Hasil penelitian diharapkan memberikan informasi kepada Pemerintah atau Kepala Sekolah, sehingga dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan kinerja sekolah dan bagi guru dapat memperoleh umpan balik tentang upaya meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, untuk menguji kontribusi langsung dan tidak langsung antara kompetensi professional, iklim organisasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja dan kinerja SMA Se-Kabupaten Blora digunakan metode analisis Struktural Equation Modeling (SEM). Struktural Equation Modeling (SEM) adalah sekumpulan teknik-teknik statistical yang memungkinkan pengujian sebuah rangkaian hubungan yang relatif rumit secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Se-Kabupaten Blora yang tersertifikasi sebanyak 160 orang.Berdasarkan hasil perhitungan , maka dapat diketahui bahwa jumlah sampel penelitian adalah 114 guru SMA Se-Kabupaten Blora yang tersertifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Kompetensi profesional guru memberikan kontribusi langsung dan signifikan terhadap motivasi kerja guru SMA se-Kabupaten Blora yang tersertifikasi; 2) Iklim organisasi memberikan kontribusi langsung dan signifikan terhadap motivasi kerja guru SMA se-Kabupaten Blora yang tersertifikasi; 3) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah memberikan kontribusi langsung dan signifikan terhadap motivasi kerja guru SMA se-Kabupaten Blora yang tersertifikasi; 4) Motivasi kerja guru memberikan kontribusi langsung dan signifikan terhadap kinerja sekolah di SMA se-Kabupaten Blora; dan 5) Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai hubungan langsung terhadap kinerja sekolah di SMA se-Kabupaten Blora, sedangkan kompetensi profesional guru dan iklim organisasi mempunyai hubungan tidak langsung terhadap kinerja sekolah di SMA se-Kabupaten Blora

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Profesional, iklim organisasi, kepemimpinan, motivasi,kinerja sekolah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Oct 2012 09:40
Last Modified: 19 Oct 2012 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20761

Actions (login required)

View Item View Item