Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (Inklusi). ( Studi Kasus Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri I Tekaran Wonogiri Tahun 2012)

ROYANI, IDA (2012) Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (Inklusi). ( Studi Kasus Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri I Tekaran Wonogiri Tahun 2012). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (421kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar anak berkebutuhan khusus SD Negeri I Tekaran Wonogiri. Pembahasan ini didasarkan pada rumusan masalah yang berkisar tentang media apa yang paling efektif penggunaannya, bagaimana penggunaan media pembelajaran agar dapat menciptakan suasana belajar yang menarik, aktif kreatif serta komunikatif, dan mengapa penggunaan media pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan prestasi belajar anak berkebutuhan khusus. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data melalui angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis dengan langkah-langkah :reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Dari kajian yang telah dilakukan ,penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa, Media pembelajaran yang paling efektif bagi anak berkebutuhan khusus (inklusi), adalah media yang sesuai dengan tingkat pemahaman serta adanya kesesuaian antara materi pelajaran dengan medianya. Penggunaan media pembelajaran yang maksimal, tepat dan bervariatif ,anak menjadi tertarik, tidak jenuh, bersungguh-sungguh dan merasa senang, sehingga mempermudah dalam menangkap pelajaran dan dapat mengatasi kesulitan belajar. Keefektifan penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam dapat meningkatkan prestasi belajar anak berkebutuhan khusus (inklusi) di SD Negeri I tekaran Wonogiri.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, media pembelajaran, pendidikan agama islam, anak berkebutuhan khusus, inklusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 17 Oct 2012 11:08
Last Modified: 17 Oct 2012 11:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20732

Actions (login required)

View Item View Item