Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

AMIRUDIN, NOOR (2012) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (583kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[img]
Preview
PDF (naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (272kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah 16 Surakarta serta faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini di SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah 16 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 adalah (1) memotivasi guru pendidikan agama Islam untuk berkreasi dan inovasi dalam menggunakan strategi pembelajaran aktif pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam, (2) meningkatkan profesionalisme guru pendidikan agama Islam melalui seminar-seminar, workshop, penataranpenataran, MGMP, pelatihan bahasa Inggris dan komputer, (3) meningkatkan kesejahteraan guru pendidikan agama Islam, (4) menerapkan kedisiplinan guru, karyawan, dan siswa baik pada waktu masuk sekolah, pulang sekolah, maupun dalam proses belajar mengajar, (5) melakukan supervisi, (6) meningkatkan kualitas siswa dengan mengikutkan perlombaan baik kurikuler maupun ekstrakurikuler, (7) mengembangkan budaya akhlak yang baik pada segenap warga sekolah melalui keteladanan, (8) meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa dengan penambahan jam khusus untuk tadarus Al-Qur’an dan shalat Dhuha, dan (9) meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang memadai bagi pembelajaran pendidikan agama Islam. Sedangkan faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah 16 Surakarta adalah (1) letak sekolah strategis serta lingkungan/iklim yang kondusif dan inovatif bagi proses pembelajaran pendidikan agama Islam, (2) kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis, (3) tenaga kependidikan (guru pendidikan agama Islam) berpendidikan S-1 yang berkompeten di dunia pendidikan, dan (4) terjalin keakraban (kekeluargaan) yang baik pada warga sekolah. Adapun faktor penghambatnya adalah (1) guru pendidikan agama Islam kurang kompak dalam melaksanakan program kegiatan keagamaan, (2) peserta didik kurang istikomah dalam mengamalkan kegiatan keagamaan di rumah, dan (3) kurangnya kesadaran orangtua dalam memotivasi belajar peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah, pendidikan agama Islam, strategi meningkatkan mutu pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 17 Oct 2012 11:01
Last Modified: 17 Oct 2012 12:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20729

Actions (login required)

View Item View Item