Kajian Penggunaan Antibiotik Pada Pasien Anak Penyakit Ispa Di Instalasi Rawat Jalan Rsud Dr. M. Ashari Pemalang Tahun 2010

Bestari, Novika Citra (2012) Kajian Penggunaan Antibiotik Pada Pasien Anak Penyakit Ispa Di Instalasi Rawat Jalan Rsud Dr. M. Ashari Pemalang Tahun 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penyakit ISPA merupakan suatu penyakit yang banyak diderita oleh anak, baik di negara berkembang maupun negara maju dengan angka kematian yang tinggi. Penggunaan antibiotik bertujuan untuk mengobati berbagai penyakit infeksi sehingga penggunaannya meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan antibiotik pada anak rawat jalan penyakit ISPA di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang tahun 2010. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental yang dirancang secara deskriptif. Sampel penelitian ini adalah anak usia 1-12 tahun dengan diagnosa ISPA yang mendapatkan terapi antibiotik di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive yang didasarkan pada suatu pertimbangan tertentu yang dibuat oleh peneliti, berdasarkan ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Berdasarkan kasus yang diambil dapat dianalisis ketepatan penggunaan antibiotik sesuai parameter yang digunakan yaitu tepat indikasi, tepat obat, tepat pasien dan tepat dosis dengan menggunakan buku acuan “Pharmaceutical Care untuk Infeksi Saluran Pernafasan” dan aturan dosis pada “Pediatric Dosage Handbook”. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan antibiotik yang memenuhi tepat indikasi 100 kasus (100%), tepat obat 60 kasus (60%), tepat pasien 100 kasus (100%), tepat dosis 22 kasus (22%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antibiotik, pasien anak, ISPA, RSUD Dr. M. Ashari Pemalang
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 16 Oct 2012 11:29
Last Modified: 19 Nov 2019 02:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20717

Actions (login required)

View Item View Item