Formulasi Sediaan Gel Ekstrak Etanol Daun Lidah Buaya (Aloe Vera (L.) Webb) Sebagai Anti Jerawat Dengan Basis Sodium Alginate Dan Aktivitas Antibakterinya Terhadap Staphylococcus Epidermidis

WIDIA, WINDY (2012) Formulasi Sediaan Gel Ekstrak Etanol Daun Lidah Buaya (Aloe Vera (L.) Webb) Sebagai Anti Jerawat Dengan Basis Sodium Alginate Dan Aktivitas Antibakterinya Terhadap Staphylococcus Epidermidis. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_INTISARI.pdf

Download (406kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (537kB)

Abstract

Salah satu tanaman berkhasiat sebagai antibakteri adalah lidah buaya. Kandungan senyawa lidah buaya yang diduga berperan sebagai antibakteri adalah antrakuinon. Ekstrak lidah buaya diformulasi dalam bentuk sediaan gel dengan menggunakan variasi konsentrasi basis sodium alginate 5%, 8% dan 10%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi basis sodium alginate terhadap sifat fisik sediaan gel dan aktivitas antibakterinya terhadap bakteri Staphylococcus epidermidis. Pengujian sifat fisik gel meliputi uji daya sebar, uji daya lekat, uji homogenitas, uji pH, uji viskositas, dan uji stabilitas. Uji aktivitas antibaketri dilakukan secara in vitro dengan menggunakan metode difusi padat yaitu menanam sediaan gel dalam media Mueller Hinton yang telah diberi bakteri Staphylococcus epidermidis. Analisis data digunakan uji Anova satu jalan dilanjutkan uji t-LSD dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenaikan konsentrasi sodium alginate dalam sediaan gel dapat menaikkan viskositas gel, daya lekat dan menurunkan daya sebar gel, akan tetapi tidak mengalami perubahan pada pH, dan homogenitas gel. Gel ekstrak etanol daun lidah buaya konsentrasi 5% dapat menghambat pertumbuhan bakteri sekitar 13 mm.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lidah buaya, gel, anti jerawat, sodium alginate
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 16 Oct 2012 10:47
Last Modified: 16 Oct 2012 10:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20714

Actions (login required)

View Item View Item