Strategi Pembelajaran Menulis Puisi Bahasa Indonesia Pada Kelas VI SD Negeri Cangkol 3 Kabupaten Sragen

Slamet, Slamet (2012) Strategi Pembelajaran Menulis Puisi Bahasa Indonesia Pada Kelas VI SD Negeri Cangkol 3 Kabupaten Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga : (1) Mendeskripsikan strategi guru dalam perencanaan pembelajaran menulis puisi Bahasa Indonesia di kelas VI SDN Cangkol 3 Kabupaten Sragen. (2) Mendeskripsikan strategi guru dalam pelaksanaan pembelajaran menulis puisi Bahasa Indonesia di kelas VI SDN Cangkol 3 Kabupaten Sragen. (3) Mendeskripsikan kendala-kendala yang menghambat dalam strategi pembelajaran menulis puisi Bahasa Indonesia di kelas VI SDN Cangkol 3 Kabupaten Sragen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, mengambil lokasi penelitian di SDN Cangkol 3 Kabupaten Sragen. Penelitian jenis ini sangat mengharapkan peneliti untuk datang langsung ke tempat penelitian sebagai wujud dari keterlibatan peneliti dalam setiap tahap-tahap penelitian. Sementara itu pengumpulan data dilakukan dengan cara metode observasi berpartisivasi, metode Interview atau wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu; (1) Strategi guru dalam perencanaan pembelajaran menulis puisi Bahasa Indonesia di kelas VI SD Negeri Cangkol 3 Kabupaten Sragen. (2) Strategi guru dalam pelaksanaan pembelajaran menulis puisi Bahasa Indonesia di kelas VI SDN Cangkol 3 Kabupaten Sragen. (3) Kendala-kendala yang menghambat dalam strategi pembelajaran menulis puisi Bahasa Indonesia di kelas VI SDN Cangkol 3 Kabupaten Sragen. Suatu pemahaman guru terhadap pembelajaran menulis puisi Bahasa Indonesia dianggap sudah cukup baik, setidaknya kenyataan tersebut dapat dilihat dari pola penerapan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia. Upaya yang dilakukan guna meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam hal belajar, guru mengarahkan dan memberi motivasi belajar kepada siswa khususnya menulis puisi bahasa Indonesia, dalam hal ini guru telah berperan sebagai motivator.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran, Puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 12 Oct 2012 10:35
Last Modified: 12 Oct 2012 10:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20657

Actions (login required)

View Item View Item