Perbandingan Profil Kromatogram Minyak Atsiri Jinten Hitam (Nigella Sativa L.) Yang Berasal Dari Habasyah, India, Dan Indonesia Dengan Menggunakan Metode Kromatografi Gas

Mahfur, Mahfur (2012) Perbandingan Profil Kromatogram Minyak Atsiri Jinten Hitam (Nigella Sativa L.) Yang Berasal Dari Habasyah, India, Dan Indonesia Dengan Menggunakan Metode Kromatografi Gas. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (347kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (381kB)

Abstract

Minyak atsiri dapat ditemukan pada tanaman Nigella Sativa L. Mutu dari minyak atsiri dapat dilihat dari sifat fisik dan kelengkapan metabolitnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui profil metabolit dari minyak atsiri jinten hitam yang berasal dari Habasyah, India, dan Indonesia. Biji jinten hitam dari Habasyah, India, dan Indonesia didestilasi uap dan air. Minyak atsiri yang didapat dihitung rendemen dan diuji organoleptis, berat jenis, serta dianalisis dengan GC–MS dengan kolom RxiTM-1MS, fase gerak helium pada flow rate 2,83 mL/menit, temperatur kolom dijaga pada 70⁰C-150⁰C dengan peningkatan 3,5⁰C/menit. Penentuan metabolit dilakukan dengan cara membandingkan spektra massa sampel dengan internal Willey Library, kemudian hasil dianalisis menggunakan metode analisis independent T test. Hasil penelitian menunjukkan biji jinten hitam dari Indonesia tidak didapatkan minyak atsiri. Minyak atsiri jinten hitam Habasyah mempunyai sifat fisik lebih baik dibanding minyak atsiri jinten hitam dari India. Minyak atsiri jinten hitam dari Habasyah mempunyai metabolit yang sama dengan minyak atsiri jinten hitam dari India, tetapi kadar senyawa diantara keduanya berfariasi. Minyak atsiri jinten hitam dari Habasyah mempunyai kadar timokuinon yang lebih tinggi, sedangkan India kandungan p-simennya yang lebih tinggi. Analisis independent T test berdasarkan kadar relatif senyawa mayor dari Habasyah mempunyai perbedaan yang signifikan dengan jinten dari India.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jinten hitam (Nigella Sativa L.), profil metabolit, GC-MS.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Oct 2012 05:55
Last Modified: 12 Oct 2012 05:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20646

Actions (login required)

View Item View Item