Study Tentang Pengaruh Pendidikan dan Penghasilan Guru Sekolah Dasar Terhadap Prestasi Sekolah Dasar di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen

Dwijono, Jonet (2012) Study Tentang Pengaruh Pendidikan dan Penghasilan Guru Sekolah Dasar Terhadap Prestasi Sekolah Dasar di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) Mendeskripsikan kontribusi Pendidikan Guru di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen, (2) mendeskripsikan kontibusi penghasilan guru Sekolah Dasar di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen (3) Mendeskripsikan kontribusi Prestasi Sekolah Dasar di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan deskreptif analisis, dengan populasi penelitian adalah guru Sekolah Dasar di UPTD kecamatan Gondang Sragen sebanyak 247 guru, diambil sampel sebanyak 153 guru. Menggunkan tabel Krejcie dan Nomogram Harry King. Data diambil dengan angket dan dokumen. Sedangkan anlisisnya menggunakan Regresi Liniar berganda. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara variabel indipenden ( Pendidikan dan Penghasilan guru ) terhadap variabel dependen ( Prestasi belajar siswa SD di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen). Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai = 7,968 ternyata besarnya terletak di daerah penolakan , yaitu sebesar 2,750 atau ( 7,968 > 2,750) .Berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif .Dengan demikian dapat disimpulkan variable ( pendidikan),dan variable (penghasilan guru) secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SD di UPT Dinas Pendidik Kec Gondang, Kabupaten Sragen dengan nilai 7,968. (2) Terdapat pengaruh positif antara pendidikan guru terhadap prestasi belajar siswa di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen. Hal tersebut dapat diketahui bahwa pada level of signifikan 0,05 dengan diperoleh untuk variable Pendidikan sebesar 3,982 dan diketahui 2,326 ( ) sehingga ditolak dan terlihat nilai signifikansi t sebesar 0,00 ( sign t 0,05). Dengan demikian variable Pendidikan ( ) terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi siswa ( Y ) di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen. (3) Tidak ada pengaruh positif antara penghasilan guru terhadap prestasi belajar siswa dapat diketahui bahwa pada level of signifikan 0,05 dengan diperoleh untuk variable Penghasilan guru sebesar – 1,425 dan diketahui 2,326 ( ) sehingga ditolak dan terlihat nilai signifikansi t sebesar 0,156 ( sign t0,05). Dengan demikian variable Penghasilan guru ( ) terbukti tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap prestasi siswa ( Y ) di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Penghasilan, dan prestasi sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Oct 2012 11:12
Last Modified: 11 Oct 2012 11:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20624

Actions (login required)

View Item View Item