Representasi Kecantikan Perempuan Postcolonialdalam Iklan (Representasi Kecantikan Perempuanpostcolonialdalam Iklan Tv You C 1000 Mg Periode 2004-2011)

WASISTA, R. MAHARANI PUTRI (2012) Representasi Kecantikan Perempuan Postcolonialdalam Iklan (Representasi Kecantikan Perempuanpostcolonialdalam Iklan Tv You C 1000 Mg Periode 2004-2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (555kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (380kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada maraknya penilaian terhadap perempuan yang cantik adalah perempuan yang memiliki kulit putih, tubuh ideal (tinggi langsing dan berwajah cantik), dan perempuanberambut pirang. Kategori penilaian terhadap kecantikan perempuan tersebut sesuai dengan kecantikan perempuan Baratyang sering muncul dalam media iklan khususnya iklan televisi. Salah satu iklan televisi YOU C1000 yang dibintangi oleh Miss Universe. Keterkaitan Miss Universe sebagai endorse iklan YOU C1000 dapat melanggengkan isu kecantikan perempuan Barat sebagai standar nilai perempuan cantik yang dikonstruksikan dalam iklan, karena iklan dapat menciptakan atau mengkonstruksikan realitas baru. Maka ditemukan permasalahan yang berhubungan dengan kecantikan perempuan postcolonial yaitu, Bagaimana representasi kecantikan perempuan pascakolonial dalam iklan YOU C1000? Untuk dapat menjawab rumusan masalah yang dikemukakan, peneliti menggunakan analisis semiotika komunikasi Roland Barthes sebagai metodologi dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berfokus pada visualisasi gambar kemudian dianalisis dengan literatur yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan tiga kategori dalam merepresentasikan kecantikan perempuan Baratatau biasa disebut kecantikan perempuan postcolonial, yaitu kulit putihsesuai dengan politik apartheidatau superioritas ras kulit putih kemudian dilanggengkan di Indonesia saat penjajahan Belanda, tubuh ideal yang tinggi langsing dan berwajah cantik sesuai dengan standar kecantikan perempuan Barat, rambut pirang adalah warna rambut yang dimiliki oleh ras kaukasian(yaitu negara Eropa dan Amerika). Melalui hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kecantikan perempuan postcolonial dalam kelima versi iklan YOU C1000 terlihat dengan jelas sesuai tiga kategori tersebut. Untuk memvisualkan kulit putih sering memanfaatkan latar pada luar ruang, untuk menampilkan tubuh ideal perempuan dilakukan shot tajam saat menunjukkan bagian tubuh dan endorse memakai baju yang seksi,bahkan saat menampilkan rambut pirang endorse juga dengan shot tajam. Dengan menggunakan endorse Miss Universeadalah sebagai salah satu simbol tentang perempuan cantik sesuai kecantikan perempuan Barat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Postcolonial, Kecantikan Perempuan Postcolonial
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Oct 2012 11:09
Last Modified: 11 Oct 2012 11:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20622

Actions (login required)

View Item View Item