PENGARUH MOTIVASI DAN PERILAKU TERHADAP KEPUASAN PENDENGAR ACARA SEHAT BERSAMA DR. OEN SURAKARTA DI RADIO METTA FM SURAKARTA

Muqodam, Wakhid (2012) PENGARUH MOTIVASI DAN PERILAKU TERHADAP KEPUASAN PENDENGAR ACARA SEHAT BERSAMA DR. OEN SURAKARTA DI RADIO METTA FM SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (762kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
FILE_BAB_I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab 2)
FILE_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab 3)
FILE_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab 4)
FILE_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab 5)
FILE_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 6)
FILE_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Dafpus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (258kB)

Abstract

Peranan dan pengaruh informasi komunikasi sangat terasa dalam masyarakat modern seperti sekarang ini, seperti komunikasi dan informasi melalui media massa radio. Radio Metta FM adalah salah satu radio siaran swasta di kota Surakarta. Program acara Sehat Bersama dr. Oen (SBDO) adalah salah satu program siaran talkshow kerjasama Radio Metta FM dengan Rumah Sakit dr. Oen Surakarta. Acara ini membahas seputar informasi tentang kesehatan secara langsung dengan dokter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi dan perilaku terhadap kepuasan mendengarkan program acara Sehat Bersama dr. Oen di Radio Metta FM Surakarta. Penelitian ini menggunakan studi korelasi, yaitu menjelaskan hubungan antar variabel-variabel penelitian pengujian hipotesis dengan model uses and gratifications. Penulis hanya meneliti beberapa variabel yaitu variabel independen (motivasi dan perilaku mendengarkan) dan variabel dependen (kepuasan mendengarkan). Jenis penelitian ini adalah explanatory research, dimana penelitian ini bertujuan untuk menjawab hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Responden yang mendengarkan program acara Sehat Bersama dr. Oen untuk mendapatkan informasi kesehatan sebanyak 88.88%. Sebanyak 69,44% responden mempunyai kebiasaan mendengarkan sambil melakukan aktivitas lain. Dan 61,11% responden merasa puas program acara Sehat Bersama dr. Oen telah memenuhi kebutuhan informasi tentang kesehatan. Hasil uji statistik untuk variabel motivasi didapatkan t hitung 4,081 dan variabel perilaku sebesar -5,173 dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil tersebut menunjukkan variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pendengar SBDO sedangkan variabel perilaku berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pendengar SBDO. Uji statistik pengaruh antara motivasi dan perilaku secara bersamaan didaptkan F hitung sebesar 29,111 dengan signifikansi 0,05. Sehingga disimpulkan variabel motivasi dan perilaku secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pendengar program acara siaran SBDO di Radio Metta FM.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : radio, motivasi, perilaku, kepuasan pendengar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2012 10:50
Last Modified: 11 Oct 2012 13:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20617

Actions (login required)

View Item View Item