Pengaruh Partisi Bertingkat Cair–Cair Ekstrak Etanol Rimpang Jahe (Zingiber Officinale Rosc.) Terhadap Profil Kandungan Senyawa Kimia Dan Aktivitas Antiradikalnya

HIKMAH , FIQHANISA DINUL (2012) Pengaruh Partisi Bertingkat Cair–Cair Ekstrak Etanol Rimpang Jahe (Zingiber Officinale Rosc.) Terhadap Profil Kandungan Senyawa Kimia Dan Aktivitas Antiradikalnya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (347kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (275kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi_fiqhanisa_Pdf.pdf

Download (994kB)

Abstract

Senyawa fenolik dalam rimpang jahe yang meliputi gingerol, shogaol, gingeron, bideskurkuminoid, kaempferol, flavonoid, terpenoid dan konstituen non polar seperti kurkuminoid, kava piron dan gingerol telah diketahui memiliki aktivitas antiradikal. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan profil kandungan senyawa kimia antar fraksi pada perbedaan pelarut partisi bertingkat dengan aktifitas antiradikal sehingga dapat diamati senyawa yang diduga menyumbangkan aktivitas antiradikal. Fraksinasi pada penelitian dilakukan dengan metode partisi cair-cair menggunakan pelarut n-heksana, etil asetat, dan metanol:air (1:1). Aktivitas penangkap radikal dilakukan dengan menggunakan metode DPPH (1,1-difenil-2-pikrilhidrazil). Uji kualitatif kandungan senyawa dilakukan dengan metode KLT dan GC MS. Hasil partisi diperoleh tiga komponen fraksi berturut-turut yaitu fraksi n-heksana, etil asetat, dan metanol:air 2,845; 4,548 dan 42,784 %b/v. Hasil uji penangkapan radikal menunjukkan fraksi n-heksana, etil asetat dan metanol:air berturut-turut adalah 44,08; 34,28; dan 1390,36 μg/mL. Hasil uji kualitatif dengan KLT dan GC MS menunjukkan kandungan senyawa fenolik dan terpen pada fraksi heksan dan etil asetat. Secara keseluruhan diduga senyawa-senyawa fenolik (6-shogaol dan zingiberon) dan terpen (β-ionol, hidroksicitronellal, isopulegol, dan nerolidol) berkontribusi terhadap aktivitas penangkap radikal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DPPH (1,1-difenil-2-pikrilhidrazil), KLT (Kromatografi Lapis Tipis), GC MS (Gas Chromatography-Mass Spectrometry), terpen dan senyawa fenolik.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2012 11:44
Last Modified: 10 Oct 2012 11:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20601

Actions (login required)

View Item View Item