UMS ETD-db

HUBUNGAN ANTARA PROFESIONALISME AUDITOR DENGAN PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS DALAM PROSES PENGAUDITAN LAPORAN KEUANGAN (Survey Pada Auditor di Kantor Akuntan Publik Wilayah Surakarta dan Yogyakarta)

Fernando, Dhoran Rahardika (2008) HUBUNGAN ANTARA PROFESIONALISME AUDITOR DENGAN PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS DALAM PROSES PENGAUDITAN LAPORAN KEUANGAN (Survey Pada Auditor di Kantor Akuntan Publik Wilayah Surakarta dan Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

2MB

Abstract

Profesionalisme menjadi syarat utama bagi orang yang bekerja sebagai auditor eksternal .gambaran seseorang yang professional dalam profesi dicerminkan kedalam lima hal, yaitu : pengabdian pada profesi, kewajiban sosial, kemandirian, kepercayaan terhadap peraturan profesi dan hubungan dengan rekan sesama profesi. Auditor eksternal yang memiliki pandangan profesionalisme yang tinggi akan memberikan kontribusi yang dapat dipercaya oleh para pengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan profesionalisme sebagai variabel independen dengan variabel dependen yaitu pertimbangan tingkat materialitas untuk tujuan audit laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja pada kantor akuntan public di Surakarta dan Yogyakarta dengan metode pengambilan sampel secara purposive. Untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan variabel dependen maka penelitian menggunakan uji korelasi untuk menjawab hipotesis yang telah diajukan. Pengujian tersebut menggunakan bantuan paket program SPSS for windows versi 10.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat profesionalisme (lima dimensi) dengan tingkat petimbangan materialitas. Hubungan yang signifikan tersebut terdapat dalam lima dimensi profesionalisme. Temuan tersebut menunjukkan dukungan pada hipotesis bahwa seorang auditor yang memiliki dedikasi yang tinggi terhadap profesi dan pekerjaannya, memiliki kesadaran yang tinggi bahwa profesi auditor adalah profesi kepercayaan masyarakat, memiliki sikap mental mandiri, tidak dibawah tekanan dalam membuat pertimbangan, memiliki keyakinan penilaian tentang kualitas dirinya akan selalu dilakukan oleh rekan seprofesinya yang sama-sama tahu dan paham tentang pekerjaan pengauditan, dan memiliki relasi dengan sesame profesi yang luas akan dapat membuat pertimbangan tingkat materialitas yang lebih baik.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:B200030271
Uncontrolled Keywords:profesionalisme, materialitas
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
ID Code:206
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:07 Aug 2008 03:19
Last Modified:02 Feb 2011 06:00

Repository Staff Only: item control page