Pengaruh Penambahan Latihan Brain Gym Terhadap Kecakapan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Efendi, Elif Nur and , Agus Widodo, SST.Ft, M.Fis and , Sugiono, SST.Ft (2012) Pengaruh Penambahan Latihan Brain Gym Terhadap Kecakapan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (247kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (90kB)

Abstract

Latar belakang: Kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) pada usia dini akan mempengaruhi mutu pendidikan pada tingkat pendidikan dasar. Kemampuan ini khususnya berhitung akan maksimal jika semua dimensi otak teraktivasi. Untuk mewujudkan hal itu dapat dilakukan dengan Brain Gym. Brain Gym adalah serangkaian gerak sederhana yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan belajar anak dengan menggunakan keseluruhan otak. Tujuan penelitian: untuk mengetahui pengaruh penambahan latihan Brain Gym terhadap kecakapan berhitung pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian: quasi experimental dengan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah anak preschool (TK) Negeri Pembina Takeran. Total populasi sebanyak 52 responden dan total sampel sebanyak 43 responden dengan rincian pada kelompok perlakuan 22 responden yang masuk kriteria inklusi, 3 responden tidak memenuhi kriteria inklusi dan 1 responden masuk kriteria drop out, sedangkan pada kelompok kontrol terdapat 21 responden yang masuk kriteria inklusi, 2 responden tidak memenuhi kriteria inklusi, 2 responden masuk kriteria drop out dan 1 responden tidak memenuhi kriteria inklusi dan juga masuk kriteria drop out. Hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan uji Wilcoxon test dan uji Mann Whitney test. Hasil penelitian: uji Wilcoxon test untuk kelompok perlakuan menunjukkan hasil p = 0,001 < 0,05 yang berarti ada pengaruh penambahan latihan Brain Gym terhadap kecakapan berhitung pada anak usia 5-6 tahun. Hasil uji Mann Whitney test menunjukkan hasil p = 0,001 < 0,05 yang berarti ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol terhadap kecakapan berhitung pada anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berhitung, brain gym, usia 5-6 tahun
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Oct 2012 11:36
Last Modified: 10 Nov 2016 05:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20575

Actions (login required)

View Item View Item