PENERAPAN METODE MUROTTAL BERIRAMA DALAM PELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS 2 DI SDIT AR-RISALAH SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011-2012

TOMO, SINDHU (2012) PENERAPAN METODE MUROTTAL BERIRAMA DALAM PELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS 2 DI SDIT AR-RISALAH SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (673kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
04_BAB_I.pdf

Download (298kB)
[img] PDF (Bab 2)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] PDF (Bab 3)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] PDF (Bab 4)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab 5)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Dafpus)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (486kB)

Abstract

Mengajarkan Al Qur’an adalah tugas yang mulia, baik dihadapan manusia terlebih dihadapan allah SWT. Namun dalam kenyataannya, ada sebagian peserta didik merasa kesulitan untuk membacanya apalagi menghafalnya. Diantara penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran sangat penting karena proses pembelajarannya tidak hanya apa yang diajarkan akan tetapi bagaimana mengajarkan agar tercapai tujuannya, maka metode pembelajaran harus sesuai dengan waktu, kondisi dan bidang. Ada beberapa metode yang diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut seperti metode Murottal Berirama yang menggunakan sistem talaqi dan murojaah dengan menggunakan variasi-variasi nada yang sudah ditentukan. Untuk menguji apakah metode tersebut bisa diterapkan dengan baik sehingga mencapai tujuan, penulis melakukan pengujian metode Murottal Berirama dalam pembelajaran Membaca Al Qur’an kelas 2 di SDIT Ar Risalah Surakarta. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode “Murottal Berirama” kelas 2 di SDIT Ar Risalah Surakarta serta kendala-kendala yang dijumpai. Dari tujuan tersebut dapat memberikan manfaat dalam memajukan tehnis penerapan metode Murottal Berirama dalam pembelajaran Membaca Al Qur’an kelas 2 di SDIT Ar Risalah Surakarta serta memberikan masukan dan solusi kepada lembaga terkait khususnya pada guru (Asatidz) dalam penerapan metode Murottal Berirama. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena tidak berbentuk angka yang ditandai dengan laporan data dari subyek yang diteliti, subyek yang diteliti disini adalah ustadz dan siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dimana pertanyaan sudah disiapkan sebelumnya kemudian hasil dari data dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan metode Murottal Berirama dalam pembelajaran Membaca Al Qur’an kelas 2 di SDIT Ar Risalah Surakarta adalah cukup baik dan lancar. Dimana sebagian besar peserta didik bisa membaca Al Qur’an dengan baik sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Hal ini disebabkan pula dalam kegiatan pembelajarannya ustadz menggunakan metode murojaah yang terjadwal sistematik secara variatif sebagai sarana pendukung untuk memudahkan peserta didik membaca Al Qur’an dengan baik sesuai dengan ilmu tajwid. Adapun kendala yang dijumpai dalam penerapan metode Murottal Berirama adalah dipengaruhi dari pihak yang bersangkutan seperti siswa dan orang tua yang mana peserta didik kurang menyadari pentingnya membaca Al Qur’an dan kurangnya perhatian orang tua terhadap peserta didik dalam menyelesaikan kewajiban sesuai target yang sudah ditetapkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode Murottal Berirama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2012 11:03
Last Modified: 09 Oct 2012 11:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20566

Actions (login required)

View Item View Item