INTERNALISASI NILAI-NILAI AQIDAH ISLAM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI (SEBELAS) DI SMA IT NUR HIDAYAH KARTASURA TAHUN AJARAN 2011/2012

HAILAN, MUHAMMAD (2012) INTERNALISASI NILAI-NILAI AQIDAH ISLAM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI (SEBELAS) DI SMA IT NUR HIDAYAH KARTASURA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Dafpus)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (565kB)

Abstract

Ilmu pengetahuan hendaknya dikembangkan dalam rangka meningkatkan iman dan takwa kepada Allah Swt. Pengintegrasian ilmu pengetahuan dengan agama adalah satu upaya yang muncul sebagai reaksi terhadap adanya konsep dikotomi antara agama dan ilmu pengetahuan yang dimasukkan masyarakat barat dan budaya masyarakat modern. Sejalan dengan hal itu SMA IT Nur Hidayah Kartasura sebagai lembaga pendidikan formal berlabel Islam mencoba untuk mengadakan reorientasi dan rekonstruksi lembaga pendidikannya menuju pada integralisasi antara nilai-nilai religius dan IPTEK yaitu dengan mengupayakan internaslisasi nilai-nilai Islam dalam setiap mata pelajaran, sehingga tidak ada lagi pemilahan antara ilmu-ilmu agama dan ilmu umum, antara ilmu duniawi dan ilmu ukhrawi. Maka penginternalisasian nilainilai Aqidah Islam pada mata pelajaran Biologi sangatlah diperlukan, dalam upaya menumbuhkan nilai-nilai keIslaman pada para pelajar atau peserta didik. Melalui pembelajaran IPA Biologi yang diintegrasikan dengan nilai Aqidah Islam, peserta didik diharapkan mampu memanfaatkan sains dan teknologi untuk mempertinggi harkat dan martabat manusia, melaksanakan fungsi kekhalifahannya di muka bumi serta tujuan luhur lainnya. Permasalahan dalam penelitian ini ialah ”Nilai-nilai aqidah apa saja yang diinternalisasikan serta bagaimana cara menginternalisasikan nilai-nilai aqidah Islam pada mata pelajaran Biologi kelas XI di SMA IT Nur Hidayah Kartasura tahun ajaran 2011/2012”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai aqidah apa saja yang diinternalisasikan serta cara menginternalisasikan nilai-nilai aqidah pada mata pelajaran biologi disekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bertempat di SMA IT Nur Hidayah Kartasura. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian dan analisis data maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1). Nilai-nilai aqidah Islam yang diinternalisasikan pada mata pelajaran biologi kelas XI di SMA IT Nur Hidayah tahun ajaran 2011/2012 adalah: iman kepada Allah, malikat-malaikat Allah, kitab-kitab Allah, Nabi dan Rasul Allah, hari akhir/kiamat, serta iman kepada qadha dan qadar (2). Cara menginternalisasikan nilai-nilai aqidah pada mata pelajaran biologi kelas XI di SMA IT Nur Hidayah tahun ajaran 2011/2012 adalah melalui metode: metode hiwar (percakapan), metode qishah (cerita), metode Amtsal (perumpamaan), metode Uswah (keteladanan), metode Pembiasaan, metode ‘ibrah dan mau’idah, serta metode Targhib dan Tarhib (reward dan punishment).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords : Internalisasi, Nilai-nilai Aqidah Islam, Mata pelajaran Biologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2012 10:52
Last Modified: 09 Oct 2012 14:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20560

Actions (login required)

View Item View Item