Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Diare Dengan Penanganan Diare Pada Balita Selama Di Rumah Sebelum Dibawa Ke Rumah Sakit Islam Surakarta

Kusumawati, Ruly Dwi and , Bd.Sulastri, S.Kp., M.Kes and , Siti Arifah, S.Kp., M.Kes (2012) Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Diare Dengan Penanganan Diare Pada Balita Selama Di Rumah Sebelum Dibawa Ke Rumah Sakit Islam Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.__BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (445kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_1.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB__2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN_LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_BENAR.pdf

Download (477kB)

Abstract

Penyakit diare hingga kini masih merupakan salah satu penyakit utama yang menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia karena memiliki insidens dan mortalitas yang tinggi. Tingginya angka kejadian diare dapat dipengaruhi oleh berbagai factor seperti kurangnya pengetahuan ibu sebagai orang tua balita tentang penyakit diare dan penanganan yang masih kurang baik. Hasil studi pendahuluan diperoleh data bahwa masih banyak ibu yang memiliki pengetahuan yang kurang tentang penyakit diare dan penanganan yang kurang sebelum balita yang sakit diare dibawa ke rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang diare dengan penanganan diare pada balita selama di rumah sebelum dibawa ke Rumah Sakit Islam Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif. Sampel penelitian ibu yang mempunyai balita yang mengalami diare yang dirawat di bangsal Al Arof kelas I, II dan III sebanyak 33 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari kuesioner pengetahuan tentang diare dan checklist penanganan diare selama di rumah. Data penelitian diuji dengan uji Fisher exact. Hasil penelitian adalah 15 orang (45.5 %) mempunyai pengetahuan yang baik, 18 orang (54,5%) mempunyai pengetahuan kurang. Delapan belas responden (54,4%) penanganan diare dengan baik, sedangkan 15 responden (45.5%) penanganan diare masih kurang. Hasil uji Fisher exact diperoleh p = 0,013 (p<0,05) dan disimpulkan terdapat hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang diare dengan penanganan diare pada balita selama di rumah sebelum dibawa ke Rumah Sakit Islam Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Penanganan, Diare, balita
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Oct 2012 05:49
Last Modified: 28 Apr 2016 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20548

Actions (login required)

View Item View Item