Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Lansia Dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu Lansia Di Desa Kauman Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten

Suseno, Dian Mahara (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Lansia Dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu Lansia Di Desa Kauman Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab VI)
9._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (602kB)

Abstract

Tujuan Posyandu lanjut usia adalah meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku positif, serta meningkatkan mutu dan derajat kesehatan lansia. Sehingga diperlukan kemauan yang kuat bagi lansia dalam mengikuti kegiatan Posyandu yang diadakan rutin oleh kader Posyandu. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Posyandu lansia Desa Kauman, Kecamatan Polanharjo, diperoleh informasi dari kader Posyandu pada periode Januari – Desember 2011, dari 132 anggota Posyandu lansia, rata-rata ketidak hadiran lansia mencapai 60%. Tujuan penelitian adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan lansia dalam mengikuti kegiatan Posyandu lansia di Desa Kauman Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Metode penelitian adalah diskriptif analitik dengan pendekatan crossectional. Populasi penelitian adalah seluruh anggota Posyandu desa Kauman sebanyak 132 orang. Teknik pengambilan sampel proportional random sampling diperoleh 100 responden. Data penelitian diperoleh dari kuesioner pengetahuan, dukungan keluarga, motivasi dan check list keluhan fisik. Keaktifan responden diperoleh dari data kehadiran di Posyandu lansia. Data penelitian dilakukan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan 72 responden (72%) memiliki pengetahuan yang kurang, 73 responden (73%) kurang mendapat dukungan keluarga, 65 orang (65%) memiliki motivasi kurang, dan 56 responden (56%) memiliki keluhan fisik sedang. Keaktifan responden paling banyak mengikuti sebanyak 5 kali kegiatan. Hasil uji regresi diperoleh persamaan Y = -0,020 + 0,206X1 +0,123X2 +0,117 X3 -0,035 X4. Faktor dukungan keluarga merupakan faktor yang paling kuat mempengaruhi keaktifan responden dalam mengikuti kegiatan Posyandu lansia dengan nilai koefisien faktor 0,326 dengan p =0,04 .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, posyandu lansia, pengetahuan, dukungan keluarga, motivasi, keluhan sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Oct 2012 11:46
Last Modified: 08 Oct 2012 11:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20530

Actions (login required)

View Item View Item