Asuhan Keperawatan Pada Ny. L Dengan Gangguan Sistem Reproduksi : Ca. Mammae Sinistra Post Mastektomi Di Ruang Multazam Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.

Anggriawan, Ferry (2012) Asuhan Keperawatan Pada Ny. L Dengan Gangguan Sistem Reproduksi : Ca. Mammae Sinistra Post Mastektomi Di Ruang Multazam Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (344kB)

Abstract

Latarbelakang: kanker payudara di Indonesia menduduki peringkat kedua setelah kanker rahim.angka kematian akibat kanker payudara pada wanita mencapai 19%. Secara keseluruhan risiko pada perempuan seumur hidupnya untuk berkembang kanker payudara adalah 1 berbanding 8. Secara keseluruhan tahun 2006 kejadian kanker payudara sebanyak 8.327 kasus atau 19,64%. Tujuan: Untuk dapat memahami bagaimana asuhan keperawatan pada post operasi mastektomi CA. Mammae sinistra yang meliputi pengkajian, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan. Hasil: Pengkajian post operasi keadaan umum kesadaran composmentis, TD :110/70 mmHg N: 82x/menit, S: 36,5 C, RR: 20x/menit. Ekspresi wajah meringis kesakitan. Payudara kiri sudah tidak ada (sudah diangkat), Terdapat luka bekas operasi,terbalut kassa dalam keadaan bersih dan tidak rembes. Diagnos yang diangkat adalah nyeri berhubungan dengan prosedur pembedahan, resiko infeksi berhubungan dengan prosedur invansif pembedahan, gangguan citra tubuh berhubungan dengan kehilngan anggota tubuh. Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 3x24 jamdidapatkan hasil nyeri berkurang dari skala 6 menjadi 3, tidak terdapat tanda-tanda infeksi pada bekas operasi dan pasien sedah bisa menggerakan tangan kirinya dan aktivitas sehari-hari meningkat. Kesimpulan: kerjasama antar tim kesehatan dan pasien atau keluarga sangat penting atau diperlukan untuk keberhasilan dalam asuhan keperawatan pada pasien, komunikasi dapat mendorong pasien lebih kooperatif dan dapat memberi motivasi pada pasien, teknik relaksasi dapat mengurangi rasa nyeri bekas operasi dan teknik relaksasi merupakan tindakan yang disukai oleh pasien.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kanker payudara, nyeri, mastektomi.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Oct 2012 08:12
Last Modified: 08 Oct 2012 08:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20518

Actions (login required)

View Item View Item