UMS ETD-db

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI PADA PERGURUAN TINGGI SE-SURAKARTA

Nuraeni, Ike (2008) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI PADA PERGURUAN TINGGI SE-SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

1MB

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan kepercayaan diri terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Kecerdasan emosional yang diteliti terdiri dari aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi di Surakarta. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 34 orang mahasiswa tingkat akhir dari Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil pengumpulan data dengan kuesioner diuji validitas dan uji reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi ganda, uji F, uji koefisien determinasi, uji t, dan disertai dengan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H1 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya kemampuan mahasiswa dalam mengenal potensi,mengendaliakan diri, memahami diri, motivasi dan kemampuan berinteraksi dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari kecerdasan emosional dapat membantu dalam peningkatan pemahaman akuntansi; (2) Kecerdasan intelektual berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H2 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya kecerdasan intelektual merupakan faktor utama yang membentuk pemahaman seorang mahasiswa; (3) Kecerdasan kepercayaan diri berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H3 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya keyakinan atas kemampuan diri sendiri akan membantu meningkatkan pemahaman akuntansi.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:B200040408
Uncontrolled Keywords:kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kepercayaan diri, pemahaman akuntansi
Subjects:L Education > LC Special aspects of education
Divisions:Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
ID Code:205
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:07 Aug 2008 03:12
Last Modified:02 Feb 2011 06:40

Repository Staff Only: item control page