Hubungan Persepsi Pasien Tentang Komunikasi Perawat dengan Kepuasan Pasien di RSUD Pandan Arang Boyolali

Haryo Yudanto, Andri and , Arif Widodo , A.Kep.,M.Kes and , Dewi Listyorini , S.Kep.,Ns (2012) Hubungan Persepsi Pasien Tentang Komunikasi Perawat dengan Kepuasan Pasien di RSUD Pandan Arang Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (631kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab VI)
8._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
12._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (707kB)

Abstract

Kepuasan pengguna jasa pelayanan kesehatan dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah pemahaman pengguna jasa tentang jenis pelayanan yang akan diterimanya. Dalam hal ini, aspek komunikasi memegang peranan penting karena pelayanan kesehatan adalah high personnel contact. Pelayanan keperawatan merupakan salah satu faktor penentu baik buruknya mutu dan citra tempat pelayanan kesehatan, sehingga akan dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Oleh karena itu seorang perawat harus mempunyai keahlian dalam berkomunikasi dengan pasien untuk dapat membina hubungan yang terapeutik, karena membina hubungan yang terapeutik dengan pasien sangat penting untuk menentukan kepuasan pasien dan apabila tidak tepat akan menimbulkan masalah bagi klien dan perawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi pasien tentang komunikasi perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Pandan Arang Boyolali. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasonal dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 80 pasien rawat inap kelas tiga di RSUD Pandan Arang Boyolali. Teknik pengolahan data menggunakan teknik korelasi kendall tau. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) persepsi pasien tentang komunikasi perawat di RSUD Pandan Arang Boyolali rata-rata adalah cukup baik, (2) kepuasan pasien di RSUD Pandan Arang Boyolali rata-rata adalah cukup puas, dan (3) ada hubungan antara persepsi pasien tentang komunikasi perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Pandan Arang Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, komunikasi perawat, kepuasan pasien.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2012 09:21
Last Modified: 25 Apr 2016 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20434

Actions (login required)

View Item View Item