Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Dengan Upaya Pencegahan Penyakit Antraks Pada Peternak Sapi di Desa Sempu Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali

Rahmawati, Anis (2012) Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Dengan Upaya Pencegahan Penyakit Antraks Pada Peternak Sapi di Desa Sempu Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (793kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_SATU.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab VI)
8._BAB_ENAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN_KOMPLIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
12._NASKAH_PUBLIKASI_ANIS.pdf

Download (335kB)

Abstract

Antraks merupakan salah satu penyakit tertua yang dikenal. Penyakit ini pernah menjadi epidemi: misalnya pada tahun 1600an sebagai epidemi di Eropa dan dikenal sebagai black bane disease. Kemudian pada tahun 1979, epidemi di Zimbabwe melibatkan tidak kurang dari 6000 penderita. Pada tahun itu pula terjadi kecelakaan instalasi militer di Rusia yang menyebabkan 66 kematian manusia akibat antraks pulmonal. Kondisi tersebut juga terjadi di wilayah kecamatan Andong Kabupaten Boyolali pada tahun 2011. Hasil studi pendahuluan berupa survey pada 10 pertenak di desa Sempu kecamatan Andon Boyolali diketahui 8 dari 10 peternak sapi mengatakan kurang paham tentang bagaimana pencegahan penyakit antraks, peternak juga mengatakan memberikan vaksin pada ternaknya hanya jika ada vaksin dari dinas peternakan saja, karena menurut warga vaksin kurang penting bagi ternaknya, dan warga lebih memilih membeli pakan dari pada buat vaksin sapi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan upaya pencegahan penyakit antraks pada peternak sapi di Desa Sempu, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. Penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimental dengan rancangan correlation study. Populasi penelitian adalah semua peternak yang kontak langsung dengan ternak sapi yang tinggal di Desa Sempu, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali yang berjumlah 750 peternak dan sampel penelitian sebanyak 88 dengan teknik sampling simple random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengetahuan peternak tentang penyakit antraks di Desa Sempu Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali sebagian besar adalah baik (42%), (2) sikap pencegahan penyakit antraks di Desa Sempu Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali sebagian besar baik (48%), (3) perilaku pencegahan penyakit antraks di Desa Sempu Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali sebagian besar cukup (39%), (4) ada hubungan antara pengetahuan tentang penyakit antrak dengan perilaku pencegahan penyakit antraks di Desa Sempu Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali, dan (5) ada hubungan antara sikap pencegahan penyakit antraks dengan perilaku pencegahan penyakit antraks di Desa Sempu Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, perilaku, pencegahan penyakit antraks.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2012 08:42
Last Modified: 02 Oct 2012 09:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20429

Actions (login required)

View Item View Item