Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepatuhan Minum Obat Penderita Tuberculosis Paru di Puskesmas Gatak

Faizati Sholikhah, Luluk and , Arif Widodo, A.Kep., M.Kes. and , Dewi Listyorini, S.Kep., Ns. (2012) Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepatuhan Minum Obat Penderita Tuberculosis Paru di Puskesmas Gatak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (926kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (702kB)

Abstract

Tuberculosis adalah penyakit infeksi yang disebabkan bakteri berbentuk batang (basil) yang dikenal dengan nama Mycobacterium Tuberculosis. Penularan Tuberculosis melalui ludah atau dahak penderita yang mengandung basil tuberculosis. Kasus TB Paru dapat diobati apabila penderita TB mempunyai pengetahuan yang baik untuk patuh dalam berobat selama kurang lebih 6 bulan dan ditunjang dengan mutu pelayanan kesehatan yang baik dalam menanggani penderita TB Paru. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepatuhan minum obat penderita TB Paru di Puskesmas Gatak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Korelatif dengan rancangan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah penderita TB positif dan suspect yang menjalani pengobatan dan tercatat di Puskesmas Gatak pada tahun 2011 sebanyak 65 orang, dengan sampel 40 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Propotional Random Sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah Uji Kolmogorov Smirnov, dengan tingkat kepercayaan α = 0,05. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil nilai uji pertama tentang hubungan antara tingkat pengetahuan terhadap kepatuhan penderita minum obat penderita TB Paru di Puskesmas Gatak adalah p value = (0,000 < 0,05) dengan nilai korelasi 2,669. Maka Ho ditolak. Dan hasil kedua tentang hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepatuhan penderita minum obat TB Paru di Puskesmas Gatak adalah p value = (0,498 > 0,05) dengan nilai korelasi 0,829. Maka Ho diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan tingkat pengetahuan dengan kepatuhan minum obat penderita TB Paru. Dan tidak ada hubungan antara mutu pelayanan kesehatan terhadap kepatuhan minum obat penderita TB Paru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepatuhan, Tuberculosis Paru
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2012 08:20
Last Modified: 25 Apr 2016 09:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20426

Actions (login required)

View Item View Item