Perbedaan Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Ibu Tentang Pijat Bayi Antara yang Diberikan Pendidikan Kesehatan Metode Ceramah dan Demonstrasi di Kelurahan Wadunggetas Wonosari Klaten

Risnandari, Risnandari (2012) Perbedaan Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Ibu Tentang Pijat Bayi Antara yang Diberikan Pendidikan Kesehatan Metode Ceramah dan Demonstrasi di Kelurahan Wadunggetas Wonosari Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab VI)
8._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
12._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (559kB)

Abstract

Kebiasaan melakukan pijat bayi masih dilakukan oleh hampir semua orang tua yang memiliki bayi dan balita. Dalam sehari dukun bayi ini bisa memijat bayi 5 sampai 8 bayi. Sebenarnya ibu-ibu bayi dapat pula melakukan pemijatan bayi, namun rendahnya pengetahuan ibu tentang pijat bayi menyebabkan ibu bayi tidak berani melakukan praktik pijat bayi pada bayinya. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang pijat bayi dan praktik pijat bayi. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah pemberian pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan dan perilaku ibu yang diberikan pendidikan kesehatan pijat bayi metode ceramah dan demonstrasi di Kelurahan Wadunggetas Wonosari Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan eksperimental dengan desain two group pre-test-post-test. Populasi penelitian adalah seluruh ibu-ibu yang memiliki bayi 0-7 bulan sebanyak 41 di Kelurahan Wadunggetas Wonosari Klaten, sedangkan sampel penelitian sebanyak 20 orang yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu pemberian pendidikan kesehatan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. Instrumen penelitian berupa kuesioner pengetahuan ibu tentang pijat bayi dan observasi tentang perilaku pemijatan bayi. Teknik pengujian hipotesis adalah uji t-test. Berdasarkan analisis dan pembahasan maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) tingkat pengetahuan sebelum pemberian pendidikan pada kedua kelompok sebagian besar kurang, (2) tingkat pengetahuan sesudah pemberian pendidikan kesehatan menggunakan metode ceramah sebagian besar sedang, pada metode demonstrasi sebagian besar baik, (3) perilaku pijat bayi sebelum pemberian pendidikan kesehatan pada kedua kelompok sebagian besar kurang, (4) perilaku pijat bayi sesudah pemberian pendidikan kesehatan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi sebagian besar cukup, (5) terdapat pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi terhadap tingkat pengetahuan tentang pijat bayi, dan (6) terdapat pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi terhadap perilaku pijat bayi pada ibu -ibu yang memiliki bayi usia 0-7 bulan di Kelurahan Wadunggetas Wonosari Klaten. Pendidikan kesehatan menggunakan metode demonstrasi lebih efektif meningkatkan perilaku pijat bayi dibandingkan metode ceramah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, perilaku, pijat bayi, pendidikan kesehatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2012 07:32
Last Modified: 02 Oct 2012 08:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20420

Actions (login required)

View Item View Item