Peranan Ranting Muhammadiyah Dalam Pendidikan Islam (Studi Kasus di Ranting Muhammadiyah Ngestiharjo Selatan Bantul Tahun 2011)

Nugroho, Joko (2012) Peranan Ranting Muhammadiyah Dalam Pendidikan Islam (Studi Kasus di Ranting Muhammadiyah Ngestiharjo Selatan Bantul Tahun 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (808kB)
[img]
Preview
PDF (Bba I)
BAB_I.pdf

Download (223kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] PDF (BabI V)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhammadiyah adalah suatu gerakan yang bernafaskan Islam yang mengajak kepada umat Islam pada khususnya dan masyarakat semua pada umumnya untuk mengamalkan ajaran agama Islam yang sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan dakwah amar ma‟ruf nahi munkar. Muhammadiyah memiliki amal usaha yang beraneka ragam, meliputi bidang-bidang pendidikan, kesehatan, kemasyarakatan, sosial keagamaan dan lain sebagainya. Berkenaan dengan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa peranan Ranting Muhammadiyah Ngestiharjo Selatan Bantul dalam pendidikan Islam dan apa faktor pendukung dan faktor penghambat peranan Ranting Muhammadiyah Ngestiharjo Selatan Bantul dalam pendidikan Islam. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan Ranting Muhammadiyah dalam pendidikan Islam di masyarakat Ngestiharjo Selatan Bantul beserta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambatnya. Kegunaan penelitian ini adalah: (a) diharapkan dapat menjadi salah satu karya tulis ilmiah yang mampu memperkaya wawasan pengetahuan mengenai peranan Ranting Muhammadiyah dalam pendidikan Islam. (b) diharapkan dapat memberi masukan, sumbangan pemikiran dan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan pendidikan, terutama di Ranting Muhammadiyah dalam pengembangan pendidikan Islam di desa Ngestiharjo Selatan Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan studi deskriptif, yaitu dengan menggunakan gambaran secara faktual, akurat dan sistematis mengenai kasus dan peristiwa serta fenomena yang diteliti. Subjek penelitian ini adalah pimpinan Ranting Muhammadiyah Ngestiharjo Selatan Bantul. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa keberadaan Ranting Muhammadiyah Ngestiharjo Selatan Bantul mempunyai peranan sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan Islam, yaitu berdakwah amar ma‟ruf nahi munkar dengan mengajak masyarakat untuk kembali kepada ajaran yang sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah yang ditempuh melalui kegiatan yang diselenggarakan pimpinan Ranting Muhammadiyah Ngestiharjo Selatan Bantul bekerja sama dengan Takmir Masjid setempat. Adapun faktor pendukung yang paling pokok adalah aspirasi warga masyarakat pendatang yang sejalan dengan tujuan Muhammadiyah yaitu dakwah amar ma‟ruf nahi munkar dan banyaknya masjid yang didirikan sehingga dapat digunakan sebagai alat dakwah guna mencapai tujuan pendidikan Islam. Faktor penghambat yang paling pokok adalah adanya pengurus sendiri yang menunjukkan kurang semangat dalam menjalankan pendidikan Islam

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan, Muhammadiyah, Pendidikan Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Oct 2012 05:16
Last Modified: 02 Oct 2012 12:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20408

Actions (login required)

View Item View Item