Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunagrahita (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Bagian C Yayasan Pembina Sekolah Luar Biasa Kerten Surakarta)

Aisiyah, Nur (2012) Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunagrahita (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Bagian C Yayasan Pembina Sekolah Luar Biasa Kerten Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam dunia pendidikan termasuk Pendidikan Agama Islam. Suatu kegiatan belajar mengajar tidak lengkap jika tidak memiliki metode atau cara yang tepat dalam pembelajaran. Tanpa pengajaran yang baik kegiatan belajar mengajar tidak akan mencapai tujuan yang diharapkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak tuna grahita di SMPLB C YPSLB Kerten Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak tuna grahita serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak tuna grahita di SMPLB C YPSLB Kerten Surakarta. Manfaat dari penelitian ini secara teoritis adalah menambah wawasan dan khasanah keilmuan, terutama dalam ilmu pendidikan dan pengajaran Pendidikan Agama Islam, lebih khusus lagi bagi anak penyandang cacat yang memiliki intelegensi di bawah rata-rata. Sedangkan secara praktis dapat dijadikan masukan, sumbangan pemikiran dan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan dan pembinaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa baik di SMPLB C Kerten Surakarta maupun SMPLB C lainnya. Ditinjau dari objeknya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan, karena data-data yang diperlukan untuk menyusun karya ilmiah ini diperoleh dari lapangan yaitu di SMPLB C YPSLB Kerten Surakarta.Untuk dapat memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif kualitatif, sedangkan penarikan kesimpulannya menggunakan cara berpikir induktif yaitu, cara berpikir untuk mengambil kesimpulan dari masalah yang sifatnya khusus ke masalah-masalah yang sifatnya umum Peneliti menyimpulkan bahwa metode pembelajaran untuk anak tuna grahita pada dasarnya memiliki kesamaan dengan metode pembelajaran pada anak normal, hanya saja ketika dalam pelaksanaan memerlukan modifikasi agar sesuai dengan kondisi anak yang melakukan pembelajaran tersebut. Metode tersebut antara lain: metode ceramah, metode hafalan, metode demonstrasi, metode latihan (drill), metode pemberian tugas, dan metode sosiodrama. Adapun beberapa faktor pendukung, antara lain: Adanya kesiapan anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas, guru pandai dalam memilih suatu metode yang tepat serta penggunaannya, dan suasana lingkungan belajar yang mendukung. Kendala dari penerapan metode PAI antara lain: Kondisi fasilitas atau sarana dan prasarana yang kurang memadai dan menarik dan kompetensi belum tercapai secara tuntas, karena pembelajaran Pendidikan Agama Islam hanya sekali dalam sepekan, dan waktunya berkisar 35 menit

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, PAI, dan anak tuna grahita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Oct 2012 12:06
Last Modified: 01 Oct 2012 12:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20405

Actions (login required)

View Item View Item