Problematika Penerapan Metode Sima’i Pada Bidang Studi Tahfidz Al Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren PPQ Al Mahir Gawanan,Colomadu Karanganyar)

Paryono, Paryono (2012) Problematika Penerapan Metode Sima’i Pada Bidang Studi Tahfidz Al Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren PPQ Al Mahir Gawanan,Colomadu Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (997kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab II)
05._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (997kB)

Abstract

Al Qur’an Al karim adalah kalamullah yang diturunkan kepada penutup para rasul, Muhammad bin Abdullah. Allah telah menurunkan Al Qur’an Al Karim dengan berbahasa Arab melalui lisan nabi Muhammad SAW. Al Quran sebagai pedoman seluruh umat Islam, Al Qur’an memiliki keistimewaan yang terkandung di dalamnya, keistimewaan Tilawah, yaitu kitab suci yang harus dibaca dan diwajibkan untuk selalu membacanya. Keistimewaan Tadabbur, artinya Al Qur’an selain dibaca juga dihayati sehingga dapat mengetahui makna dan isi kandungan Al Qur’an, sehingga dapat menambah keimanan dan ketaqwaan untuk selalu memperbaiki diri menuju yang terbaik. Keistimewaan Hifdz, yaitu Al Qur’an selain dibaca, dihayati juga perlu dihafal. Pondok Pesantren Al Mahir Karanganyar merupakan pondok Tahfidz Al Qur’an. Dalam pembelajaran Tahfidz Al Qur’an ini, Pondok Pesantren Al Mahir menggunakan metode sima’i . Dalam penerapan metode sima’i ini tentulah tidaklah semudah apa yang bayangkan, fakta di lapangan banyak problem-problem dalam pelaksanaan metode sima’i ini. Oleh karena itu diperlukan studi untuk mengetahui problematika yang muncul dalam penerapan metode sima’i pada bidang studi Tahfidz Al Qur’an di Pondok Pesantren Al Mahir, sehingga dapat diupayakan solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang muncul pada penerapan metode sima’i dan memberikan solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan diskriptif. Subyek penelitian dengan menggunakan seluruh populasi di Pondok Pesantren Al Mahir. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah a) Wawancara, b) Observasi, c) Dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis diskriptif. Dan di akhir bab ditutup dengan kesimpulan dan saran-saran. Adapun hasil dari penelitian ini adalah berupa problematika penerapan metode sima’i pada bidang studi Tahfidz Al Qur’an yaitu : a) suara syaikh/ustadz yang berbeda dengan suara santri, b) waktu pelaksanaan metode yang kurang sesuai, c) persiapan yang belum matang, d) kurangnya perhatian santri terhadap pelajaran Tahfidz AlQur’an, e) kurangnya pemanfaatan media dan sumber pembelajaran, f) santri yang masih kuliah. Dengan mengetahui problematika-problematika tersebut, maka dibutuhkan usaha-usaha dari semua pihak yang terkait untuk meminimalkan faktor-faktor yang menjadi penghambat proses penerapan metode sima’i pada bidang studi Tahfidz Al Qur’an. Adapun solusi dari problematika tersebut adalah : a) membiasakan bacaan sesuai dengan nada/lagu ustadz yang sesuai, b), menyiapkan dan memilih waktu-waktu yang sesuai dan cocok, c) memberikan penjelasan tentang kendalakendala dalam materi Tahfidz, d) memberikan bimbingan tentang betapa pentingnya Tahfidz Al Qur’an bagi diri dan lingkungannnya, e) pemanfaatan media dan sumber belajar yang optimal, f) santri harus bisa membagi waktu antara waktu kuliah dengan waktu di pondok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tahfidz Al Qur’an, metode sima’i
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Oct 2012 11:38
Last Modified: 01 Oct 2012 11:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20393

Actions (login required)

View Item View Item