Implementasi Pendidikan Kemandirian Dan Manajemen Diri Santriwati (Studi Kasus Di Kuliyyatul Mu’allimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Putri Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2011 - 2012 )

Hidayati , Isnaya Arina (2012) Implementasi Pendidikan Kemandirian Dan Manajemen Diri Santriwati (Studi Kasus Di Kuliyyatul Mu’allimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Putri Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2011 - 2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL._DEPAN.pdf

Download (731kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (256kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (410kB)

Abstract

Pendidikan kemandirian merupakan suatu bentuk pendidikan yang diberikan seseorang atau suatu lembaga yang bertujuan untuk menanamkan jiwa mandiri kepada anak didiknya, dalam menjalankan tanggung jawabnya, baik pribadi, sekolah maupun lingkungan, melalui pelaksanaan berbagai kegiatan dan pembiasaan. Manajemen diri mengarah kepada bagaimana anak didik mengelola dan mengatur diri sendiri dalam menyikapi berbagai kepadatan aktivitas, tugas dan tanggung jawab yang diberikan, mengatur waktu dan lingkungan, mengetahui skala prioritas, mampu memimpin maupun dipimpin. Implementasi pendidikan kemandirian dan manajemen diri adalah penerapan dan pelaksanaan pendidikan di suatu lembaga untuk mengarahkan anak didiknya dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara harmonis. Dalam penelitian ini mengkaji tentang bagaimana implementasi pendidikan kemandirian dan manajemen diri para santriwati di Kuliyyatul Mu’allimat Al Islamiyah Pondok Pesantren Putri Ta’mirul Islam. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi pendidikan kemandirian dan manajemen diri para santriwati di Kuliyyatul Mu’allimat Al Islamiyah Pondok Pesantren Putri Ta’mirul Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan yang dijadikan subjek penelitian adalah bagian pengasuhan, para Ustadzat, seluruh santriwati KMI Ponpes Putri Ta’mirul Islam. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tahapan reduksi data, penyusunan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kemandirian yang diterapkan di Pondok adalah dalam melaksanakan tugas sehari-hari baik dalam pembelajaran formal maupun non-formal secara rutin, melakukan sendiri dalam memenuhi kebutuhan, mengatur siasat dengan inisiatifnya, menentukan keputusan dan menerima resiko atas keputusannya, memiliki jiwa percaya diri, mengembangkan hal-hal yang positif, bertanggung jawab dengan tugas dan amanah yang dibebankan Pondok. Sedangkan Manajemen diri yang dilihat dari kesiapan para santrinya adalah memiliki konsistensi antara pikiran, ucapan dan tindakan. Menaruh perhatiannya terhadap kondisi waktu, pekerjaan, lingkungan, sosial, dan ekonomi. Menentukan skala prioritas, memahami diri sendiri, dan memegang kepemimpinan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Pelaksanaan pendidikan baik yang terkait dengan pendidikan kemandirian dan manajemen diri, semua melekat pada proses pendidikan formal mapun non-formal yang berlangsung sepanjang hari.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Santri pondok, Pendidikan kemandirian, manajemen diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 01 Oct 2012 09:23
Last Modified: 01 Oct 2012 09:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20385

Actions (login required)

View Item View Item