Pengaruh Fatwa Haramnya Rokok Terhadap Konsumsi Rokok Warga Muhammadiyah (Studi Kasus Desa Pangkalan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang )

Aziz, Muhammad Abdul (2012) Pengaruh Fatwa Haramnya Rokok Terhadap Konsumsi Rokok Warga Muhammadiyah (Studi Kasus Desa Pangkalan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (353kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (345kB)

Abstract

Majlis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan fatwa tentang hukum rokok di Jogjakarta. Kesepakatan dalam Halaqah Tarjih tentang Fikih Pengendalian tembakau yang diselenggarakan pada hari Ahad tanggal 21 Rabiul Awal 1431 H yang bertepatan dengan 07 Maret 2010 M bahwa merokok adalah haram. Pertimbangan yang diberikan dalam Rapat Pimpinan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada hari Senin 22 Rabiul Awal 1431 H yang bertepatan dengan 08 Maret 2010 M. Pendapat yang mendukung dengan fatwa tersebut salah satunya adalah fatwa Majlis Ulama Indonesia (MUI) yang sebelum Muhammadiyah sudah terlebih dahulu mengeluarkan fatwa tentang hukum rokok. Yang melarang merokok di tempat umum, bagi anak-anak, dan bagi wanita hamil. Fatwa tersebut menimbulkan pro dan kontra, bagi perokok, pekerja di bidang rokok, maupun sebagian penjual rokok menganggap fatwa itu akan menjadi kontra untuk mereka, sedangkan bagi yang non perokok fatwa ini justru mendapat dukungan penuh. Yang kontra merasa terancam dalam kelangsungan ekonominya. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara sosialisasi fatwa Majlis Tarjih dan Tajdid tentang haramnya rokok terhadap warga Muhammadiyah di Desa Pangkalan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang, dan bagaimanakah pengaruh fatwa Majlis Tarjih Muhammadiyah tentang haramnya rokok terhadap warga Muhammadiyah di Desa Pangkalan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang? Penelitian ini bertujuan untuk mendapat informasi tentang bagaimanakah pengaruh fatwa tentang hukum rokok bagi warga muhammadiyah di Desa Pangkalan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian yang digunkan adalah field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian adalah: mengenai hasil sosialisasi ternyata di Desa Pangkalan Kecamatan Sluke sudah mensosialisasikan fatwa Muhammadiyah tentang keharaman rokok melalui berbagai kegiatan rutin yang dilaksanakan secara rutin oleh warga Muhammadiyah di Desa Pangkalan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembangyang dipimpin oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah, yang dihadiri oleh jama’ah warga Muhammadiyah, dan pengaruh fatwa rokok terhadap pengkonsumsi rokok di Desa Pangkalan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang terkait fatwa Muhammadiyah yang mengramkan rokok belum memiliki dampak yang nyata, sehingga dari segi ekonomi juga belum begitu mengalami penurunan. Ini di sebabkan kurangnya kesadaran dari diri sendiri terhadap bahaya yang di timbulkan dalam rokok. Walaupun sudah mengatahui dengan adanya fatwa yang mengharamkannya. Dengan alasan kesulitan untuk meninggalkan rokok, karena sudah terbiasa merokok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fatwa Haramnya Rokok Terhadap Konsumsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Syari'ah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 01 Oct 2012 09:03
Last Modified: 01 Oct 2012 09:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

View Item View Item