Pemahaman Dan Perilaku Keagamaan (Studi Empirik Di Kelas V SD Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012)

Pradita , Alivia Eka (2012) Pemahaman Dan Perilaku Keagamaan (Studi Empirik Di Kelas V SD Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (423kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (682kB)

Abstract

Pemahaman keagamaan pada masa anak terjadi melalui pengalaman kehidupannya sejak kecil dalam keluarga, sekolah dan masyarakat lingkungan. Semakin banyak pengalaman yang bersifat agama (sesuai dengan ajaran agama) akan semakin banyak pula unsur agama maka sikap, tindakan dan kelakuan dalam menghadapi hidup akan sesuai dengan ajaran agama. Perilaku keagamaan merupakan integrasi secara kompleks antara unsur kognisi (pengetahuan), afeksi(penghayatan), dan konasi(perilaku) terhadap agama pada diri seseorang. Sehingga dalam memberikan pemahaman agama harus benar-benar memperhatikan secara detail agar bisa tercipta perilaku keagamaan yang baik pada anak dalam semua aspek kehidupan karena perilaku agama yang baik diawali dengan pemahaman agama yang baik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang langsung dilaksanakan di lapangan atau kehidupan yang sebenarnya secara spesifik dan realis tentang apa yang terjadi. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi SD Muhammadiyah I Surakarta tahun pelajaran 2011/2012, kelas V yang berjumlah 140 orang siswa. teknis pengambilan sampel dari penelitian ini dilakukan dengan mengambil 20% dari keseluruhan jumlah populasi (140 orang siswa), yaitu sebanyak 140x20% = 28 orang siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, yaitu menggambarkan keadaan yang ada pada objek penelitian disertai dengan analisis statistik, kemudian analisis pendekatan dengan berpikir induktif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan memberikan kesimpulan bahwa adanya hubungan positif antara Pemahaman dan Perilaku Keagamaan di SD Muhammadiyah I Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini terbukti dengan perhitungan koefisien korelasi product moment (ro) yang selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai r pada tabel product moment (rt) dengan N = 28 pada taraf signifikasi 1% maupun 5% sebagai berikut : Maka ro : rt (1%) = 0.8122 : 0.478 maupun ro : rt (5%) = 0.8122 : 0.374 sehingga ro > rt (0.8122 > 0.478) maupun (0.8122 > 0.374). Dengan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan : ada hubungan positif antara pemahaman dan perilaku keagamaaan pada siswa kelas V SD Muhammadiyah I Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 diterima atau terbukti kebenarannya dan pemahaman keagamaan seharusnya diikuti dengan perilaku nyata, lewat lembaga pendidikan terutama sekolah

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman dan Perilaku keagamaan siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 01 Oct 2012 07:20
Last Modified: 01 Oct 2012 07:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20381

Actions (login required)

View Item View Item