Goesman, Megy (2012) Pelaksanaan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di SMA Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (15MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (130kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07._BAB_V.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (54MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIAKSI.pdf Download (13MB) |
Abstract
Dalam proses pembangunan dan kemajuan bangsa, pendidikan memiliki peran dan konstribusi yang sangat besar, karena pendidikan merupakan sarana dalam membangun kepribadian bangsa. Oleh karena itu pembenahan dalam bidang pendidikan harus terus diciptakan dan ditingkatkan sehingga menghasilkan sumberdaya manusia yang handal. Adanya lembaga pendidikan terutama pendidikan islam yang didukung kepemimpinan yang dan profesional sangat penting guna menunjang keberhasilan dan tercapainya tujuan yang diharapkan. Penerapan pelaksanaan kepemimpinan secara baik dan benar merupakan tuntutan agar dapat mencapai keberhasilan sekolah. Guru merupakan ujung tombak keberhasilan dalam dunia pendidikan, guru yang profesional dan berpengalaman akan kualitas murid yang baik. Oleh karena itu kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatakan komptensi guru mutlak harus dilakukan, kepemimpinan akan berjalan sesuai dengan kemampuan kepala sekolah selaku pemimpin. Dari pengamatan yang penulis lakukan di SMA Al-Islam 1 Surakarta selama masa penelitian, pelaksanaan kepemimpinan di SMA Al-Islam 1 surakarta sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari pengelolaan dan upaya meningkatkan sumber daya tenaga pendidik, hampir 95% guru SMA Al-Islam 1 Surakarta lulusan strata 1 (S1), kemudian hal ini juga dapat dilihat dari banyaknya peminat dan lulusan dari SMA Al-Islam 1 yang meneruskan di berbagai perguruan tinggi. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana gambaran proses pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SMA Al-Islam 1. Karena itu penulis berusaha mengetahui dan menggambarkan bagaimana proses pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan SDM di SMA Al- Islam 1 Surakarta. Dair hasil penelitian ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi sekolah, guru, siswa pendidikan mengenai pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah sebagai referensi ilmiah bagi peneliti selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan wakil kepala sekolah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam menigkatkan mutu SDM guru telah dilaksakan dan terus menerus mengalami perbaikan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 06:43 |
Last Modified: | 01 Oct 2012 08:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20379 |
Actions (login required)
View Item |