Pengaruh Metode Active Learning Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas ViII SMP Daarul Qur’an Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012

Diana, Siti Aisyah (2012) Pengaruh Metode Active Learning Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas ViII SMP Daarul Qur’an Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (473kB)

Abstract

Berbicara tentang pendidikan agama Islam pasti di dalamnya telah mencakup tema Aqidah Akhlak. Bahkan di sekolah-sekolah Islam dijadikan mata pelajaran yang terpisah dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Mata pelajaran ini dinilai akan membentuk karakter siswa dan membuat mental muslim kuat serta tegar menjalani cobaan dunia. Apabila pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan dengan menyentuh aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif maka siswa akan lebih mudah memahami, mempraktekkan, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Belajar aktif dapat membantu mempelajari sesuatu dengan baik, mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan dan mendiskusikannya, sehingga strategi-strategi belajar aktif (active learning) akan lebih memudahkan siswa dalam memahami mata pelajaran Aqidah Akhlak dan siswa mendapatkan prestasi belajar yang baik. Oleh karena itu, adakah pengaruh metode active learning terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak pada siswa siswa kelas VIII SMP Daarul Qur’an Colomadu?. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis tentang pengaruh metode active learning terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di SMP Daarul Qur’an. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan dan menambah wawasan bagi guru SMP Daarul Qur’an dalam penerapan dan pengembangan metode active learning. Hipotesis yang diajukan adalah Hipotesis Alternatif (Ha) Ada pengaruh positif metode active learning terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak pada siswa kelas VIII di SMP Daarul Qur’an dan Hipotesis Nol (Ho) Tidak ada pengaruh metode active learning terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak pada siswa kelas VIII di SMP Daarul Qur’an. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Daarul Qur’an yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, interview dan observasi. Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh metode active learning terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII SMP Daarul Qur’an, digunakan teknik analisis data statistik dengan menggunakan rumus t test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 6,493 dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (tt.ts5% = 2,04 dan tt.ts1% = 2,76) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar daripada tt, yaitu 2,04 < 6,493 > 2,76. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode active learning mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII SMP Daarul Qur’an. Karena to lebih besar daripada tt, maka ha diterima dan ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh prestasi belajar antara sebelum dan sesudah diterapkannya metode active learning. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode active learning lebih sesuai untuk pembelajaran Aqidah Akhlak di SMP Daarul Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aqidah Akhlak, pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Sep 2012 07:29
Last Modified: 29 Sep 2012 07:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20376

Actions (login required)

View Item View Item