Manajemen Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM) (Studi Empirik MTs Al Mawaddah Coper – Jetis – Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012)

Inayati, Nurul Latifatul (2012) Manajemen Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM) (Studi Empirik MTs Al Mawaddah Coper – Jetis – Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (825kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (287kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (487kB)

Abstract

Pendidikan merupakan bagian terpenting dari kehidupan manusia. Lembaga pendidikan sebagai instrumen paling utama dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan siap menghadapi tantangan. Kepala sekolah dituntut untuk profesional dan menguasai secara baik pekerjaannya melebihi rata-rata personel lain di sekolah. Dengan keprofesionalan kepala sekolah, pengembangan profesionalisme SDM (guru dan tenaga kependidikan) mudah dilakukan. Penulis tertarik mengadakan penelitian skripsi di MTs Al-Mawaddah karena madrasah tersebut termasuk madrasah yang berkualitas di lingkup Ponorogo. Kurikulum di MTs tersebut memadukan antara materi agama Islam dengan materi pembelajaran umum. Sistem pembelajaran dengan mengenalkan berbagai bahasa yaitu bahasa Inggris, dan bahasa Arab. Para guru juga menerapkan pembelajaran dengan menggunakan kedua bahasa tersebut. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah “Bagaimanakah usaha kepala madrasah dalam rangka meningkatkan profesionalisme SDM di MTs Al-Mawaddah? (SDM yang dimaksud di sini adalah guru, pustakawan, laboran dan tenaga administrasi/TU). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi usaha yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme SDM di MTs Al-Mawaddah. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menambah kekayaan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan khususnya mengenai manajemen kepala madrasah dalam rangka meningkatkan profesionalisme SDM guna mencapai tujuan pendidikan yang baik dan berkualitas, serta dapat digunakan sebagai bahan acuan di bidang penelitian yang sejenis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologis dan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru tetap, laboran, pustakawan dan kepala tata usaha. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa usaha kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme SDM melalui: membuat perencanaan kerja madrasah (RKM) jangka pendek dan menengah, mengikuti/didelegasikan dalam pelatihan-pelatihan, seminar, workshop, diklat dan magang, baik yang diadakan dari pihak internal lembaga maupun diadakan dari luar madrasah, mengikuti perkumpulan MGMP, pendidikan lanjutan bagi yang sudah lulus S1 maupun yang belum lulus S1, pemberian motivasi, menjaga kedisiplinan, pemberian penghargaan, menjaga komunikasi dan hubungan baik, pemberian gaji atau imbalan, jaminan keselamatan atau mendapatkan bantuan dana apabila ada kecelakaan saat melaksanakan tugas madrasah dan pemberian tunjangan serta beberapa fasilitas untuk memenuhi kebutuhan seperti, kebutuhan akan tempat tinggal, makan dan minum, peralatan mandi dan mencuci dan transportasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Madrasah, Profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 Sep 2012 04:52
Last Modified: 29 Sep 2012 08:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20372

Actions (login required)

View Item View Item