Implementasi Imma (Intensif Membaca Menulis Alqur’an) Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X Dan XI Di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Hanief, Jalaluddin (2012) Implementasi Imma (Intensif Membaca Menulis Alqur’an) Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X Dan XI Di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (582kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber ajaran Islam dan pedoman hidup bagi umat Islam. Al-Qur’an mengajarkan prinsip-prinsip dan tata aturan kehidupan yang harus di jalankan oleh umat Islam. Al-Qur’an mengajarkan prinsip-prinsip dan tata aturan kehidupan yang harus dijalankan oleh umatnya. Ajarannya berlaku sepanjang masa, sejak diturunkan hingga hari kiamat. Kebenaran yang terkandung di dalamnya tidak dapat diragukan lagi, karena Allah sendiri yang akan menjaganya. SMA Muhammadiyah 3 Surakarta telah mempunyai program khusus dalam belajar membaca Al-Qur’an dan masuk kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti bagi seluruh siswa kelas X dan XI, ekstrakurikuler ini dinamai dengan IMMA (Intensif Membaca dan Menulis Al-Qur’an). Penulis tertarik untuk meneliti sekolah ini dengan tujuan untuk mengetahui penerapan IMMA dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Serta ketuntasan belajar siswa kelas X dan XI pada pelaksanaan kegiatan IMMA terhadap metode yang dipakai. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan, adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksankan kegiatan IMMA para guru/ pengampu menggunakan metode iqra’ serta memberikan motivasi kepada siswa sebelum mengajar, para guru mengajar dengan secara privat dan klasikal. IMMA ini didukung dengan sarana dan prasarana yang cukup baik. Menerapkan sikap disiplin kepada siswa sehingga para siswa mengikuti kegiatan IMMA dengan lancar meskipun target untuk dapat membaca Al-Qur’an sendiri belum di tentukan. Meskipun demikian dalam pelaksanaan IMMA terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki, diantaranya adalah guru berani memanfaatkan metode yang lain, bervariasi dalam mengajar, evaluasi, kurangnya semangat siswa, sarana, dan prasarana yang lebih baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IMMA dan Pembelajaran membaca Al-Qur’an.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Sep 2012 09:55
Last Modified: 28 Sep 2012 09:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20364

Actions (login required)

View Item View Item