Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Keikutsertaan Pada Lembaga Bimbingan Belajar Siswa SMP

Yudho N S, Apriyander (2012) Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Keikutsertaan Pada Lembaga Bimbingan Belajar Siswa SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (667kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (169kB)

Abstract

Prestasi belajar matematika adalahperubahan tingkah laku yang dinyatakan dalam bentuk penguasaan, penggunaan, penilaian terhadap sikap pengetahuan tentang mata pelajaran matematika yang telah dicapai oleh siswa setelah dilaksanakan program kegiatan belajar mengajar di sekolah pada periode tertentu yang hasilnya dapat dilihat dari simbol angka, huruf, maupun nilai raport.Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika, salah satunya dengan mengikuti lembaga bimbingan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang ikut serta dalam lembaga bimbingan belajar dengan yang tidak ikut serta.Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari keikutsertaan pada lembaga bimbingan belajar siswa SMP, siswa yang ikut serta dalam lembaga bimbingan belajar memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada yang tidak ikut serta dalam lembaga bimbingan belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 1 Sukoharjo kelas VIII berjumlah 108 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan kuesioner dan dokumentasi prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan independent sample t test. Berdasarkan analisis t tes diperoleh nilai t sebesar7,331dengan p=0,00 (p<0,01). Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika pada siswa SMP yang ikutserta pada lembaga bimbingan belajar dengan yang tidak ikut serta dalam lembaga bimbingan belajar. Dan dari hasil analisis data diperoleh rerata prestasi belajar matematika pada siswa SMP yang ikutserta pada lembaga bimbingan belajar sebesar 85,22 sedangkan yang tidak ikutserta dalam lembaga bimbingan belajar sebesar 79,16. Hasil ini berarti prestasi belajar matematika pada siswa SMP yang ikutserta pada lembaga bimbingan belajar lebih tinggi dari pada yang tidak ikutserta dalam lembaga bimbingan belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar matematika, lembaga bimbingan belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Sep 2012 09:51
Last Modified: 28 Sep 2012 09:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20363

Actions (login required)

View Item View Item