Upaya Pesantren Dalam Membentuk Karakter Anak (Studi Kasus Di Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Karanggayam, Piyungan, Bantul, Yogyakarta 2011/2012)

Miswanto, Miswanto (2012) Upaya Pesantren Dalam Membentuk Karakter Anak (Studi Kasus Di Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Karanggayam, Piyungan, Bantul, Yogyakarta 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (209kB)

Abstract

Sejarah mencatat, bahwa pesantren memiliki peranan yang sangat besar dalam ikut memajukan pendidikan di indonesia selama ini. Kelebihan pesantren terletak pada keberadaannya yang multifungsional yaitu sebagai; lembaga pendidikan, dakwah, dan perjuangan. Agar pesantren tidak kalah majunya dengan lembaga pendidikan lain, maka salah satu usaha yang dilakukan pesantren adalah dengan mengembangkan pendidikan formalnya dan pendidikan ekstranya. Hal ini pula yang dilakukan pesantren Salafiyah Ula Islamic Centre bin Baz Yogyakarta. Berawal dari pondok pesantren Salafiyah Ula Islamic Centre bin Baz sebagai salah satu pesantren yang di dalamnya terdapat pendidikan yang ingin membentuk karakter anak, maka dalam skripsi ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian lebih lanjut terhadap keberadaan pondok pesantren Islamic Centre bin Baz dengan rumusan masalah yaitu: 1). Bagaimana upaya pesantren Salafiah Ula Islamic Centre bin Baz yogyakarta dalam membentuk karakter anak, 2). Bagaimana hasil yang telah diupayakan pesantren Salafiah Ula Yogyakarta dalam membentuk karakter anak, 3). Apa kendala pesantren pesantren Salafiah Ula Islamic Centre bin Baz dalam membentuk karakter anak. Berdasarkan rumusan yang ada, tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui upaya pesantren salafiyah ula dalam membentuk karakter anak, untuk mengetahui bentukbentuk karakter anak, dan untuk mengetahui kendala dalam membentuk karakter pada diri seorang anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian disusun dan dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Melalui tahapan reduksi data, penyusunan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan pesantren Salafiyah Ula Islamic Centre bin Baz telah mampu berperan dalam membentuk peran dalam pembentukan karakter santri. Bentuk upaya yang diberikan adalah dengan pendidikan partisipatif baik dalam pendidikan formal maupun non formal. Adapun bentuk karakter yang ditunjukkan santri adalah

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, pesantren, karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Sep 2012 07:03
Last Modified: 28 Sep 2012 07:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20358

Actions (login required)

View Item View Item