Problematika Pembelajaran Taĥfiizhul Qur’aan Di Lingkungan Masyarakat Kota (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII MTs Al-I‘tisham Wonosari Gunungkidul Tahun Pelajaran 2011/ 2012)

Subandi, Subandi (2012) Problematika Pembelajaran Taĥfiizhul Qur’aan Di Lingkungan Masyarakat Kota (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII MTs Al-I‘tisham Wonosari Gunungkidul Tahun Pelajaran 2011/ 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (564kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (297kB)

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan bagian penting bagi umat Islam karena sebagai pedoman hidup dan kitab suci. Dalam dunia pendidikan Islam Taĥfiizhul Qur’aan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk generasi muslim yang saleh. Taĥfiizhul Qur’aan juga akan menjaga kemurnian dan keutuhan Al-Qur’an. Setiap madrasah mempunyai lingkungan yang berbeda-beda dalam masyarakat. Ada madrasah yang terletak di lingkungan pedesaan yang jauh dari keramaian, namun juga ada yang terletak di daerah perkotaan. MTs Al-I‘tisham yang terletak di daerah perkotaan berbeda dengan madrasah yang lainnya. Sehingga permasalahan yang dihadapi pun juga berbeda. MTs Al-I‘tisham terletak di lingkungan kota dan menyatu di perumahan penduduk sekitar. Dengan keadaan ini maka permasalahan yang timbul berkaitan dengan lingkungan semakin kompleks bagi proses Taĥfiizhul Qur’aan. Penelitian ini mengangkat tema masalah-masalah lingkungan pembelajaran Taĥfiizhul Qur’aan yang dihadapi oleh siswa kelas VIII MTs Al- I‘tisham, dan solusi apa yang telah dilakukan oleh pihak MTs Al-I‘tisham berkaitan dengan masalah tersebut. Kemudian tujuan dari penelitian adalah agar dapat mendeskribsikan permasalahan-permasalahan tentang pembelajaran Taĥfiizhul Qur’aan pada siswa kelas VIII MTs Al-I‘tisham, dan mendeskribsikan solusi-solusi yang telah dilakukan oleh MTs Al-I‘tisham terhadap masalahmasalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, bila ditinjau dari variabel penelitian, maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, sedangkan dalam mengumpulkan data, dilakukan beberapa tehnik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data diambil dari kepala sekolah, guru dan siswa. Tehnik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Taĥfiizhul Qur’aan pada siswa kelas VIII MTs Al-I‘tisham, yaitu sikap malas, bacaan siswa sering terbalik-balik, kurang menguasai ilmu tajwid, siswa enggan mengulang-ulang bacaan yang telah dihafal, dan waktu menghafal siswa kurang tepat. Di samping itu, permasalahan lain bersifat lingkungan di antaranya, terdengarnya lagu dan musik, terbukanya aurat, dekatnya fasilitas hiburan dan dekatnya rumah warga dengan MTs Al-I‘tisham. Solusi yang telah diambil dari pihak MTs Al-I‘tisham adalah memberikan kisah para penghafal Al-Qur’an, mendengarkan murattal, memberi jam pelajaran tentang ilmu tajwid, memberi teladan yang baik, dan memberi penjelasan tentang waktu yang bagus untuk menghafal. Solusi untuk lingkungan adalah memberi nasehat kepada siswa agar menjauhi suara-suara yang mengganggu, memberi nasehat agar menjaga pandangan, memberikan hukuman bagi siswa yang keluar ke tempat hiburan, dan menjelaskan kepada warga tentang kegiatan menghafal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Sep 2012 06:15
Last Modified: 28 Sep 2012 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20352

Actions (login required)

View Item View Item