Hubungan Persepsi Dengan Keterlibatan Ibu Dalam Pengembangan Literasi Dasar Anak Prasekolah Dan Perbedaan Keterlibatan Ditinjau Dari Pendidikan Formal Ibu

Yuliana, Ria (2012) Hubungan Persepsi Dengan Keterlibatan Ibu Dalam Pengembangan Literasi Dasar Anak Prasekolah Dan Perbedaan Keterlibatan Ditinjau Dari Pendidikan Formal Ibu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan_RIA.pdf

Download (875kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
RIA_BAB_I.pdf

Download (241kB)
[img] PDF (Bab II)
RIA_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab III)
RIA_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
RIA_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab V)
RIA_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_RIA.pdf

Download (233kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_RIA.pdf

Download (553kB)

Abstract

Literasi adalah proses membaca, menulis, berbicara, mendengarkan, melihat dan berpendapat. Persepsi dan keterlibatan orang tua tergolong faktor yang dapat berkontribusi pada perkembangan literasi dasar anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi dan keterlibatan ibu dalam pengembangan literasi dasar anak prasekolah berdasarkan pendidikan formal yang telah ditempuh ibu. Pada penelitian ini, pendidikan dibagi menjadi dua yaitu Perguruan Tinggi dan SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yaitu dengan menggunakan skala sebagai alat ukur persepsi dan keterlibatan ibu dan analisis data menggunakan uji t (t-test). Partisipan penelitian ini adalah ibu dari siswa/siswi peserta TK Aisyiyah Tunggulsari dan Al Azhar Syifa Budi Solo yang berjumlah 90 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan, persepsi dan keterlibatan ibu dalam pengembangan literasi dasar anak prasekolah pada ibu yang berpendidikan Perguruan Tinggi dan SMA sama-sama tergolong tinggi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: literasi dasar, persepsi, keterlibatan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Sep 2012 05:53
Last Modified: 28 Sep 2012 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20350

Actions (login required)

View Item View Item