Hubungan Profesionalisme Guru Dengan Motivasi Berprestasi Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012)

Kaprawi, Hasan (2012) Hubungan Profesionalisme Guru Dengan Motivasi Berprestasi Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (350kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (153kB)

Abstract

Profesionalisme guru adalah seorang guru yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus serta telah berpengalaman dalam mengajar sehingga mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai seorang guru dengan kemampuan yang maksimal serta memiliki kompetensi sesuai dengan kriteria guru profesional, dan profesinya itu telah menjadi sumber mata pencaharian. Kompetensi guru yang diteliti meliputi empat kompetensi, yaitu; kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Motivasi berprestasi adalah dorongan yang tercermin pada perilaku individu yang selalu mengarah untuk berhasil, meraih sukses dan menjadi yang terbaik dengan usaha yang sungguhsungguh untuk mencapai sebuah standar keunggulan (standard of excellence). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dengan motivasi berprestasi siswa di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara profesionalisme guru dengan motivasi berprestasi siswa di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui angket yang diberikan kepada siswa, sedangkan teknik sampling yang digunakan untuk mengambil sampel adalah simple random sampling, yaitu cara pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan) dalam anggota populasi tersebut, sehingga jumlah siswa yang dijadikan sampel dalam skripsi ini sebanyak 50 siswa., kemudian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Setelah data-data tersebut diperoleh, penulis menganalisis data dan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara profesionalisme guru dengan motivasi berprestasi siswa, hal ini di tunjukan oleh nilai rxy = 0.533 dan besarnya rtabel yang tercantum pada table nilai rtabel (taraf signifikan 5% = 0.284 dan taraf signifikan 1% = 0.368), maka dapat dikemukakan bahwa rxy lebih besar daripada rtabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Motivasi Berprestasi, dan Hubungan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Sep 2012 05:56
Last Modified: 28 Sep 2012 05:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20349

Actions (login required)

View Item View Item