Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Santriwati Pengurus Organisasi Pelajar Ppmi Assalaam (OP3MIA)

LUTFI, DEVINTA NINDYA (2012) Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Santriwati Pengurus Organisasi Pelajar Ppmi Assalaam (OP3MIA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (32MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Dafpus)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan teman sebaya dengan kemampuan pemecahan masalah, dan hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara dukungan teman sebaya dengan kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah santriwati pengurus Organisasi Pelajar PPMI Assalaam (OP3MIA). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 97 santriwati, sehingga penelitian ini menggunakan studi populasi. Metode pengambilan data dengan menggunakan skala dukungan teman sebaya dan skala kemampuan pemecahan masalah yang kemudian dianalisis dengan bantuan program computer SPS edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, versi 2005-DL, Hak Cipta © 2005, Dilindungi UU. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan teman sebaya dengan kemampuan pemecahan masalah, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,595; p = 0,000 (p < 0,01). Sumbangan efektif variabel dukungan teman sebaya terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 35,4%. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa variabel dukungan teman sebaya tergolong tinggi, sedangkan variabel kemampuan pemecahan masalah juga tergolong tinggi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan teman sebaya dengan kemampuan pemecahan masalah pada santriwati pengurus Organisasi Pelajar PPMI Assalaam (OP3MIA). Artinya, semakin tinggi dukungan teman sebaya maka semakin tinggi kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki santriwati pengurus OP3MIA, begitu pula sebaliknya, semakin rendah dukungan teman sebaya maka semakin rendah kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki santriwati pengurus OP3MIA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Teman Sebaya, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2012 04:57
Last Modified: 28 Sep 2012 05:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20347

Actions (login required)

View Item View Item