Integrasi Sistem Pendidikan Pesantren Dan Madrasah Di Pondok Pesantren Taruna Al-Qur’an Putri Sleman Yogyakarta

MUAWANAH, JUMROTUL (2012) Integrasi Sistem Pendidikan Pesantren Dan Madrasah Di Pondok Pesantren Taruna Al-Qur’an Putri Sleman Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (707kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (93kB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan dan kemajuan manusia, di mana proses pendidikan harus bisa membawa peserta didik ke arah kedewasaan, kemandirian dan bertanggung jawab. Untuk menyiapkan generasi penerus, perlu dilakukan langkah yang memungkinkan hal itu terjadi walaupun memakan waktu lama. Termasuk yang perlu diperhatikan adalah sistem pendidikan tersebut. Integrasi Sistem Pendidikan Pesantren dan Madrasah merupakan salah satu tipe penyelenggaraan pendidikan yang ada. Berhubungan dengan hal tersebut, Pondok Pesantren Taruna Al-Qur’an Putri Sleman Yogyakarta, tentu berkeinginan semua peserta didiknya mendapatkan pendidikan yang paripurna. Akan tetapi dalam rangka melaksanakan sistem pendidikan terintegrasi tersebut tentunya ada faktor penunjang dan penghambat yang mengiringinya. Berkenaan dengan latar belakang masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Format Integrasi Sistem Pendidikan Pesantren dan Madrasah di Pondok Pesantren Taruna Al-Qur’an Putri Sleman Yogyakarta. Kemudian faktor penunjang dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif kualitatif. Obyek penelitian adalah Integrasi Sistem Pendidikan Pesantren dan Madrasah di Pondok Pesantren Taruna Al-Qur’an Putri Sleman Yogyakarta, dan subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengasuh pesantren, pembina, dan pengurus. Teknik pengumpulan data dengan metode interview/wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan beberapa hasil penelitian yang terkait dengan adanya integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah, diantaranya: Integrasi tersebut dilakukan dalam bentuk pendidikan formal yang ada di madrasah dan juga dalam bentuk pendidikan non formal yang ada di asrama Pondok Pesantren Taruna Al-Qur’an Putri Sleman Yogyakarta, Integrasi tersebut terjadi dalam beberapa hal: Integrasi kelembagaan, hal ini bisa dilihat dari struktur, lingkungan, visi, misi, tujuan dan lain sebagainya, Integrasi pelaku pendidikan, yang meliputi pendidik (kiai, ustadz, guru), pelajar (siswa, santri), karyawan dan pelaku pendidikan lainnya yang ada di Pondok Pesantren Taruna Al-Qur’an Putri Sleman Yogyakarta, pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan yang meliputi: Sarana prasarana, keuangan, materi ajar, metode pembelajaran, sumber belajar dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesantren, Madrasah, Integrasi Sistem Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 27 Sep 2012 15:44
Last Modified: 27 Sep 2012 15:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20345

Actions (login required)

View Item View Item