Keterlibatan Orangtua Dalam Perkembangan Literasi Anak Usia Dini

Amariana, Ainin (2012) Keterlibatan Orangtua Dalam Perkembangan Literasi Anak Usia Dini. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
PENDAHULUAN_SKRIPSI.pdf

Download (395kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_SKRIPSI_AININ_F100080172.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_SKRIPSI_AININ_F100080172.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_SKRIPSI_AININ_F100080172.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_SKRIPSI_AININ_F100080172.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_SKRIPSI_AININ_F100080172.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk-bentuk keterlibatan orangtua dalam perekembangan literasi anak usia dini. Dalam penelitian ini keterlibatan orangtua dilihat dari penyediaan fasilitas, kualitas interaksi yang dilakukan dan kebiasaan orangtua/keluarga. Informan dari penelitian ini adalah ibu dari anak usia dini yang memiliki kemampuan literasi lebih rendah, sedang dan lebih tinggi dari anak seusianya. Metode pengambilan data dari penelitian ini adalah menggunakan wawancara langsung, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data induktif deskriptif. Dalam penelitian ini data yang diperoleh merupakan data kualitatif yaitu data yang bersifat narasi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek pembelajaran yang bersifat monoton, rutin, dan terjadwal dengan menggunakan cara/fasilitas yang sama kurang mengembangkan minat dan keterampilan literasi anak. Di sisi lain, penyediaan fasilitas yang bervariasi, menarik, serta dapat digunakan untuk bermain dapat merangsang minat serta keterampilan literasi anak. Selain itu, kesadaran orangtua dalam mengajarkan literasi sejak dini dan kepekaan orangtua dalam menangkap ketertarikan/ketidaktertarikan anak dalam proses pembalajaran merupakan hal yang penting sebagai bekal orangtua dalam mengajarkan literasi. Cara-cara yang bersahabat seperti bermain bersama, intonasi yang lembut dan sebagainya juga merupakan hal yang dapat menjaga mood anak dalam proses pembelajaran literasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterlibatan orangtua, literasi, anak usia dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Sep 2012 11:46
Last Modified: 27 Sep 2012 12:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20334

Actions (login required)

View Item View Item