Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kecenderungan Melakukan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada Pasangan Suami Istri

Novitasari, Mita (2012) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kecenderungan Melakukan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada Pasangan Suami Istri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (470kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFPUS_MITA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (430kB)

Abstract

Perbedaan pendapat dalam rumah tangga sering kali terjadi, hal tersebut menyebabkan terjadinya pertengkaran antara pasangan suami istri dan tidak jarang berujung dengan kecenderungan melakukan kekerasan dalam rumah tangga. Kekerasan dalam rumah tangga terjadi karena individu kurang mampu menangani emosinya, kurang mampu mengenali emosi pasangan, serta buruknya komunikasi antar pasangan. Kemampuan-kemampuan tersebut merupakan bagian dari kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecenderungan melakukan kekerasan dalam rumah tangga. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data ini menggunakan skala kecerdasan emosional dan skala kecenderungan melakukan kekerasan dalam rumah tangga. Responden penelitian ini diambil dari populasi pasangan suami istri yang tinggal di Desa Jetis, Kec. Baki, Kab. Sukoharjo. Hasil analisis product moment dari pearson oleh nilai nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,649 dengan taraf signifikasi p = 0,000 ; (p<0,01). Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan kecenderungan melakukan kekerasan dalam rumah tangga pada pasangan suami istri. Sumbangan efektif kecerdasan emosional sebesar 42,2% terhadap kecenderungan melakukan kekerasan dalam rumah tangga. Hal ini menunjukka masih terdapat 57,8% faktor-faktor lain yang memberikan sumbangan efektif terhadap kecenderungan melakukan kekerasan dalam rumah tangga diluar dari variabel kecerdasan emosional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdaan emosional,Kecenderungan melakukan kekerasan dalam rumah tangga
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Sep 2012 08:17
Last Modified: 27 Sep 2012 08:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20302

Actions (login required)

View Item View Item