Identifikasi Potensi Pantai Untuk Pengembangan Pariwisata Pantai Di Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Nisak, Choirin (2012) Identifikasi Potensi Pantai Untuk Pengembangan Pariwisata Pantai Di Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (809kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wilayah pesisir Kabupaten Bantul yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dicirikan oleh daerah hamparan pasir. Wilayah ini merupakan salah satu asset pembangunan di Kabupaten Bantul yang diharapkan dapat memberikan kontribusi besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) wilayah. Hal ini disebabkan karena wilayah tersebut memiliki potensi sumberdaya alam yang sangat kaya dan beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi baik internal maupun eksternal serta memberikan usulan arahan pengembangan dari masingmasing obyek wisata pantai yang ada di Kabupaten Bantul. Usulan arahan pengembangan pariwisata pantai yang berdasarkan potensi, permintaan pasar serta permasalahannya tersebut diharapkan dapat menjadi masukan bagi Pemerintah Daerah setempat. Metode penelitian menggunakan cara survey, dengan mengambil daerah penelitian seluruh obyek wisata pantai yang ada di Kabupaten Bantul. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yang pertama adalah analisis data tentang potensi pengembangan, internal dan eksternal dengan teknik analisis klasifikasi dan yang kedua analisis frekuensi tabulasi yang digunakan untuk menganalisis data tentang permintaan pasar wisatawan (segmentasi karakteristik dan persepsi wisatawan) yang diperoleh dari kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar obyek wisata pantai yang ada di Kabupaten Bantul termasuk dalam klas potensi wisata pantai yang sedang berkembang. Obyek wisata pantai yang tergolong tinggi/pesat tingkat pengembangannya meliputi Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Rendahnya tingkat pengembangan pariwisata pantai ini juga dapat ditemukan pada Pantai Pandansari. Penelitian kali ini juga menunjukkan bahwa sebagian besar obyek pantai yang ada di Kabupaten Bantul memenuhi salah satu syarat kuat atraksi/daya tarik wisata yaitu memiliki sesuatu untuk dilihat (something to see).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: potensi wisata, obyek wisata pantai
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Sep 2012 07:22
Last Modified: 27 Sep 2012 07:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20298

Actions (login required)

View Item View Item