Riva’i, Muh. Zaenurrochim (2012) Hubungan Antara Dukungan Keluarga Inti Dengan Motivasi Belajar Pada Pelajar SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (239kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pembangunan nasional di bidang pengembangan sumberdaya manusia Indonesia yang berkualitas melalui pendidikan merupakan upaya yang sungguhsungguh dan terus-menerus dilakukan untuk mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya. Upaya untuk meningkatan kualitas pendidikan di Indonesia tidak pernah berhenti. Berbagai terobosan baru terus dilakukan oleh pemerintah melalui Depdiknas. Upaya itu antara lain dalam pengelolaan sekolah, peningkatan sumber daya tenaga pendidikan, pengembangan materi ajar, serta pengembangan paradigma baru dengan metodologi pengajaran. Kegiatan belajar merupakan hal penting yang wajib dilakukan oleh siswa sebagai pelajar. Dalam menunjang belajar diperlukan adanya kemauan serta motivasi agar belajar itu dianggap sebagai aktivitas yang menyenangkan dan memperoleh manfaat. Belajar dapat memberi perubahan yang positif jika dilakukan dengan efektif dan maksimal, sehingga akan menghasilkan sebuah hasil berupa prestasi yang berguna untuk masa depan. Adanya lingkungan belajar yang kondusif merupakan salah satu faktor yang kuat dalam mendukung proses belajar siswa dikelas. Lingkungan tersebut dapat berupa dukungan yang berasal dari keluarga. Bentuk dukungan tersebut dapat berupa nasehat, perhatian, kasih sayang, penyediaan fasilitas, dan pujian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga inti dengan motivasi belajar pada siswa-siswi. Penelitian ini dilakukan di SMP Al-Muayyad dengan subjek kelas VII dan VIII yang berjumlah 82 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala motivasi belajar dan skala dukungan keluarga inti. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,467 dengan p < 0,01 hal ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan keluarga inti dengan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa subjek penelitian ini memiliki tingkat motivasi belajar yang tergolong sedang, sedangkan dukungan keluarga yang dimiliki subjek tergolong tinggi. Sumbangan efektif antara variabel dukungan keluarga inti dengan motivasi belajar sebesar 21%
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Keluarga Inti, Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 27 Sep 2012 06:49 |
Last Modified: | 27 Sep 2012 06:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20295 |
Actions (login required)
View Item |